HOME, InvesYuk

IHSG Menguat di Akhir Selasa (24/5), Ada Apa?

IHSG Menguat di Akhir Selasa (24/5), Ada Apa?

MOMSMONEY.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 73,37 poin atau 1,07% ke 6.914,14 pada akhir perdagangan Selasa (24/5). Sebanyak 272 saham naik, 261 saham turun dan 162 saham stagnan.

Sembilan indeks sektoral menguat, menopang kenaikan IHSG. Indeks sektoral dengan kenaikan terbesar adalah IDX Sektor Transportasi yang naik 6,42%, IDX Sektor Energi naik 2,23% dan IDX Sektor Barang Baku naik 1,87%. Sedangkan satu indeks sektoral tergelincir ke zona merah yakni IDX Sektor Barang Konsumen Primer yang turun 0,03%.

Total volume perdagangan saham di bursa hari ini mencapai 22,43 miliar saham dengan total nilai Rp 16,45 triliun.

Investor asing mencatatkan penjualan bersih Rp 55,35 miliar di seluruh pasar.

Baca Juga: Harga Kripto Anjlok, Apakah Saatnya Untuk Pergi?

Menurut Valdy Kurniawan, Analis Phintraco Sekuritas, meski sejumlah indikator teknikal mengindikasikan potensi koreksi lanjutan pada perdagangan hari ini, namun bangkitnya (rebound) indeks global pada perdagangan Senin (23/5) dapat jadi pemicu pada perdagangan Selasa (24/5).

“Terlebih investor asing mencatatkan aksi beli bersih di perdagangan awal pekan Senin (23/5),” ujar Valdy.

Kendati demikian, faktor dominan yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini adalah RDG Bank Indonesia. Pelaku pasar cenderung berhati-hati dalam mengambil keputusan jelang pengumuman RDG Bank Indonesia (BI) pada Selasa (24/5). Hal ini terlihat dari penurunan nilai transaksi yang cukup signifikan di Senin (23/5).

Baca Juga: Rekomendasi Produk Multivitamin untuk Kucing dan Harganya di Pasaran

BI diperkirakan mempertahankan suku bunga acuan di level 3.5%. Dalam kesempatan yang sama, BI diperkirakan akan menyampaikan rencana kedepan. Pasar berspekulasi bahwa BI akan menaikkan suku bunga acuan di Juni 2022, sesuai dengan rencana yang telah disampaikan dalam beberapa RDG terakhir.

Oleh sebab itu, Valdy merekomendasikan buy on support pada saham BBCA, BBRI, BMRI, ASII dan TLKM. Saham defensif, terutama konsumer ICBP, UNVR, MAPI juga dapat kembali dicermati pelaku pasar.

Pada perdagangan Rabu (25/5) Valdy proyeksikan IHSG bergerak di rentang 6.820 sampai 7.000.

Baca Juga: Berdampak Pada Kesehatan, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Kipas Angin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News