HOME, InvesYuk

IHSG Masih Perkasa di Akhir Perdagangan, Rabu (18/5)

IHSG Masih Perkasa di Akhir Perdagangan, Rabu (18/5)

MOMSMONEY.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat di hari kedua pekan ini. Rabu (18/5), IHSG naik 2,24% atau 148,95 poin ke 6.793,41 hingga akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Penguatan IHSG disokong oleh kenaikan sembilan  indeks sektoral. Sementara dua sektor justru berakhir di zona merah. Sektor infrastruktur tergerus 0,68%. Sektor energi turun 0,69%.

Sektor teknologi memimpin dengan penguatan 5,57%. Sektor barang baku melejit 2,21%. Sektor barang konsumsi primer melesat 1,41%. Sektor kesehatan melonjak 1,14%. Sektor perindustrian menguat 1,04%. Sektor transportasi dan logistik naik 0,83%. Sektor keuangan menanjak 0,60%. Sektor barang konsumsi nonprimer serta sektor properti dan konstruksi masing-masing naik 0,09%.

Baca Juga: Kiat Sukses Punya Usaha di Era Digital ala Mitra Shopee

Total volume transaksi bursa mencapai 23,24 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 17,30 triliun. Sebanyak 291 saham menguat. Ada 208 saham yang turun harga dan 186 saham flat.

Valdy Kurniawan, Analis Phintraco Sekuritas menilai bangkitnya IHSG pada akhir perdagangan hari ini ditopang aksi beli selektif investor asing pada saham-saham bluechip di perdagangan Rabu (18/5). Hal ini diperkirakan Valdy pun masih berlanjut di perdagangan Kamis (19/5).

Di samping itu, kebijakan pelonggaran aturan pemakaian masker di luar ruangan sebagai bagian dari upaya transisi ke endemi COVID-19 menjadi katalis positif bagi optimisme pelaku pasar terhadap outlook ekonomi Indonesia.

“Mengingat konsumsi rumah tangga sebagai salah satu komponen terbesar dalam PDB bergerak sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat,” ungkap Valdy dalam risetnya.

Baca Juga: Cara Bayar Tagihan Kartu Halo, dari MyTelkomsel Sampai GraPARI

Dia juga mencermati bahwa net export yang menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi di Q4-2021 diperkirakan masih menjadi andalan di tahun 2022 ini. Dengan demikian, saham-saham komoditas juga masih dapat diperhatikan oleh pelaku pasar.

Untuk perdagangan esok, Valdy bilang perhatikan potensi rebound lanjutan pada BBNI, BMRI, TLKM, ASII dan ANTM.

“Di samping saham-saham bluechip, pelaku pasar dapat memperhatikan potensi technical rebound lanjutan di BNBA, SMBR dan DMMX,” tuturnya.

Pada perdagangan esok, Kamis (19/5), Valdy proyeksikan IHSG akan bergerak di rentang 6.730 sampai 6.900.

Baca Juga: 8 Jenis Bentuk Umum Filter untuk Akuarium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News