InvesYuk, Kilas Pendidikan

IHSG Lagi-Lagi Melemah, Ada Apa?

IHSG Lagi-Lagi Melemah, Ada Apa?

MOMSMONEY.ID - Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah pada Rabu (29/6). IHSG tercatat di level 6.942 atau turun sekitar 54 poin dari sehari sebelumnya. 

Info saja, IHSG melemah sejak awal pekan ini yakni Senin (27/6). Lantas berlanjut di Selasa (28/6) yang tercatat di 6.996. Hari ini lagi-lagi, ditutup melemah. 

Jono Syafei, analis Henan Putihrai Sekuritas menyampaikan bahwa pergerakan IHSG hari ini dipengaruhi sentimen negatif dari bursa Amerika Serikat. Hal ini terjadi setelah indeks keyakinan konsumen Amerika Serikat di bulan Juni berada di bawah ekspektasi, yaitu di 98.7, turun dari indeks keyakinan bulan Mei yang berada pada angka 103.2.

Baca Juga: IHSG Hari Ini Dibuka Melemah Pada Perdagangan Rabu, 29 Juni 2022

"Ini menunjukkan pesimisme pasar terhadap kondisi ekonomi Amerika Serikat terutama akibat inflasi," kata Jono pada Momsmoney.id. 

Sentimen negatif juga diperkuat dengan harga minyak mentah dan batubara yang masih tinggi. Hal ini lantaran negara-negara barat dan Eropa membatasi impor komoditas dari Rusia.

Untuk Kamis (30/6), Jono memproyeksikan IHSG akan bergerak di 6.860 hingga 7.011.Adapun sentimen yang akan mempengaruhi IHSG yaitu data pertumbuhan ekonomi kuartal I-2022 final AS yang akan dirilis pada malam ini (waktu Indonesia). Di mana konsensus memprediksi akan terkontraksi 1.5% dari kuartal IV-2021. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News