HOME, Keluarga

Ide Penggunaan Lampu LED Untuk Plafon Rumah yang Makin Kece

Ide Penggunaan Lampu LED Untuk Plafon Rumah yang Makin Kece

MOMSMONEY.ID - Lampu LED adalah salah satu jenis lampu yang mulai banyak digunakan di hunian. Dibandingkan dengan lampu pijar biasa, lampu LED menawarkan beberapa kelebihan seperti efisiensi energi yang lebih baik dan cenderung ramah lingkungan.

Lampu LED sendiri memiliki beragam bentuk, mulai dari lampu biasa hingga lampu strip yang bisa dipasang di mana saja. Salah satu penggunaan lampu LED yang paling populer adalah memasangnya di plafon atau langit-langit rumah.

Karena bentuknya yang beragam dan fleksibel, ada banyak sekali cara memasang lampu LED yang akan membuat plafon rumah Anda makin keren dan estetik. Gambar-gambar yang ada di bawah ini hanyalah beberapa contohnya.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Keluarga Mewah, Bikin Betah Berlama-lama di Rumah!

Tepi plafon

Anak-anak muda kerap menghias kamarnya dengan lampu LED strip. Selain menambah pencahayaan, keberadaan lampu LED juga berfungsi sebagai dekorasi yang cantik.

Salah satu cara pemasangan lampu LED strip yang cukup simpel adalah dengan memasangnya di tepi dinding atau plafon seperti pada gambar di atas. Jika ingin, Anda juga bisa memasang lampu LED strip di keempat tepi plafon dengan warna kesukaan Anda untuk menambah kesan estetik pada ruangan.

Menyatu dengan plafon

Untuk kesan ruangan yang simpel dan minimalis, coba pasang lampu LED di rumah supaya terlihat menyatu dengan plafon rumah.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas, yang menggunakan lampu LED pada dua sisi plafon yang memanjang. Warna putih terang pun dipilih untuk memberikan pencahayaan yang cerah pada ruang keluarga. Jika dirasa kurang terang, Anda tinggal menambahkan sumber pencahayaan lain, misalnya melalui lampu tambahan di dinding atau lantai.

Baca Juga: Inspirasi Keramik Dapur Anti-Mainstream yang Bikin Dapur Tampil Beda

Melengkapi partisi

Beberapa jenis partisi atau sekat di suatu ruangan memiliki desain yang menempel dengan lantai dan plafon rumah. Sebagai pemanis, Anda bisa menambahkan lampu LED pada bagian atas partisi yang menempel pada plafon.

Selain melengkapi penampilan partisi, keberadaan lampu LED pada bagian atas partisi juga dapat menerangi bagian bawahnya. Jika lampu LED dipasang pada kedua sisi partisi, cahaya dari lampu dapat menjadi tambahan pencahayaan di dua ruangan yang berbeda.

Daya tarik ruang keluarga

Tidak semua plafon rumah didesain rata dan lurus. Terkadang, plafon juga bisa didesain dengan bentuk atau celah-celah tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk memasang lampu LED.

Dengan memasang lampu di celah plafon tersebut, kesan pencahayaan yang estetik dan dramatis pun bisa didapatkan. Anda bisa menggunakan trik tersebut untuk menjadi daya tarik suatu ruangan, misalnya di ruang keluarga yang kerap dijadikan tempat berkumpul penghuni rumah.

Nah, itulah beberapa contoh penggunaan lampu LED untuk plafon rumah. Adakah ide yang ingin Anda tiru di rumah?

Selanjutnya: Yuk Simak, Ini 5 Rekomendasi Warna Cat yang Cocok Untuk Ruang Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News