HOME, Keluarga

Ide Dekorasi Kamar Warna Kuning, Ruangan Makin Cerah dan Hidup!

Ide Dekorasi Kamar Warna Kuning, Ruangan Makin Cerah dan Hidup!

MOMSMONEY.ID - Warna kuning adalah salah satu warna yang banyak digunakan untuk dekorasi kamar tidur.

Warna kuning yang merupakan salah satu dari tiga warna primer ini memang identik dengan kesan mencolok atau vibrant. Dikutip dari colorpsychology.org, warna kuning memiliki sifat yang ceria, cerah, dan optimis. Jadi, dengan menggunakan warna kuning, suasana kamar akan langsung terasa makin seru dan hidup.

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan warna kuning untuk kamar tidur, berikut ini ada beberapa kamar tidur dengan warna kuning yang bisa Anda jadikan inspirasi. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: Ide Penggunaan Lampu Tumblr Untuk Dekorasi Kamar Aesthetic ala Pinterest

Dinding aksen yang cerah

Karena kerap dikaitkan dengan warna matahari, penggunaan warna kuning bisa terkesan membawa hawa “panas” ke dalam kamar tidur. Hal ini tentu perlu dihindari supaya Anda bisa beristirahat dengan nyaman di dalam kamar.

Untuk meminimalisir kesan tersebut, Anda bisa menggunakan warna kuning pada satu sisi dinding saja, misalnya pada bagian kepala kasur seperti gambar di atas. Ketiga sisi dinding lainnya dicat dengan warna putih yang netral sehingga dapat menyeimbangkan sekaligus menonjolkan warna kuning.

Sebagai pelengkap, tambahkan dekorasi dan pernak-pernik yang dapat memberi kesan ceria di kamar tidur. Pilihlah dekorasi dan pernak-pernik sesuai selera Anda.

Warna kuning sebagai aksen

Menggunakan warna kuning pada kamar tidur tidak harus selalu melalui cat dinding. Anda juga bisa menggunakan warna tersebut sebagai aksen pada kamar tidur yang didominasi dengan warna netral, misalnya warna putih atau abu-abu muda.

Kamar tidur di atas menggunakan perpaduan warna kuning pastel dan mustard yellow yang tidak terlalu mencolok sehingga tetap terlihat serasi dengan warna putih yang netral. Warna kuning digunakan pada beragam aksesoris kamar, seperti bantal dan tirai.

Namun, Anda tidak harus menggunakan warna kuning pastel. Gunakanlah variasi warna kuning kesukaan Anda, misalnya warna kuning keemasan yang terlihat mewah atau warna kuning kecoklatan yang hangat.

Baca Juga: 5 Ide Keramik Dinding Dapur yang Minimalis dan Cantik

Perpaduan kuning dan biru

Warna kuning dan biru kerap disebut sebagai warna komplementer, yaitu kelompok warna yang saling berseberangan pada color wheel alias roda warnaPerpaduan warna keduanya dapat menciptakan kesan kontras yang terlihat menarik dipandang.

Nah, Anda bisa menggunakan perpaduan warna kuning dengan biru untuk memberi kesan eyecatching pada kamar tidur Anda. Misalnya seperti kamar tidur di atas yang menggunakan furnitur berwarna biru untuk melengkapi dinding kamar berwarna kuning cerah.

Dalam menggabungkan warna kuning dan biru, Anda bisa menggunakan warna kuning sebagai dasar dan warna biru sebagai aksen seperti gambar di atas, atau sebaliknya. Anda juga bisa menggunakan variasi warna biru kesukaan, misalnya navy blue, biru tua, biru muda, atau biru kehijauan.

Dekorasi yang hangat

Warna kuning memang identik dengan kesan yang hangat, jadi tidak ada salahnya untuk menguatkan kesan tersebut dengan menambahkan warna hangat lainnya ke dalam kamar tidur.

Kamar tidur di atas mengombinasikan warna kuning dengan warna lainnya yang terkesan hangat seperti coklat dan oranye. Warna coklat yang hangat kebanyakan berasal dari dekorasi atau furnitur berbahan kayu atau rotan.

Anda pun bisa memberi tambahan warna yang gelap seperti coklat tua untuk membantu menyeimbangkan keberadaan warna-warna cerah di dalam kamar. Jangan lupa gunakan warna netral seperti putih atau cream pada dinding kamar sebagai dasarnya.

Selanjutnya: Menonton Lebih Nyaman, Ini Tips Memilih Meja TV yang Sesuai untuk Rumah Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News