HOME, Keluarga

Ide Dekorasi Gaya Rustic di Ruang Keluarga, Cantik Sekaligus Nyaman

Ide Dekorasi Gaya Rustic di Ruang Keluarga, Cantik Sekaligus Nyaman

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya untuk dekorasi acara lamaran atau pernikahan, gaya rustic juga sangat cocok diterapkan pada interior rumah seperti ruang keluarga.

Gaya dekorasi yang satu ini memang terlihat cantik dan estetik dengan penggunaan elemen-elemen alam yang dibiarkan natural dan apa adanya. Jadi, gaya rustic dapat memberikan kesan sederhana dan welcoming yang pastinya akan membuat siapa saja betah.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan dekorasi gaya rustic di ruang keluarga, yuk tengok beberapa contoh interior di bawah ini. Siapa tahu, ada satu atau dua ide yang bisa Anda ambil.

Baca Juga: Mau Mendekorasi Rumah dengan Gaya Rustic? Gunakan Elemen-Elemen Ini

Warna-warna netral yang kalem

Gaya dekorasi rustic identik dengan penggunaan warna-warna netral yang terlihat kalem atau muted, sehingga memberikan kesan old-school yang menenangkan pada ruangan.

Interior ruang keluarga di atas banyak menggunakan warna netral yang kalem, seperti coklat muda, abu-abu, dan putih. Kesan rustic juga hadir dari elemen lainnya, seperti balok kayu yang dibiarkan terekspos pada plafon, furnitur dan pernak-pernik vintage, serta material alam dengan finishing alami.

Kontras yang cantik

Walaupun gaya rustic biasanya identik dengan warna-warna terang, tidak ada salahnya menggunakan warna gelap sebagai warna utama supaya interior rumah tampil beda.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas. Dengan dinding berwarna hitam kebiruan yang pekat, kesan rustic tetap terasa dalam ruangan ini lewat penggunaan furnitur dan pernak-pernik yang terlihat vintage. Selain itu, warna-warna yang cerah pada furnitur dan pernak-pernik tersebut menciptakan kontras yang menarik terhadap dinding yang gelap.

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah Gaya Rustic yang Estetik dan Bikin Rileks

Kesan farmhouse yang estetik

Dekorasi bergaya rustic kerap ditemui pada rumah model farmhouse atau cottage, karena kedua model rumah tersebut juga banyak menggunakan elemen-elemen dari gaya rustic. Misalnya, ada warna-warna netral yang terkesan pudar dengan pernak-pernik vintage.

Ruang keluarga di atas menggunakan gaya rustic ala farmhouse lewat penggunaan elemen kayu pada lantai dan furnitur, pernak-pernik anyaman, dan warna-warna gelap yang hangat. Bantal dengan motif kotak-kotak sederhana juga menjadi pemanis yang mempertegas kesan rustic ala farmhouse pada ruang keluarga tersebut.

Hangat dan nyaman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gareth (@gareth_at_31)

Karena dekorasi rustic banyak menggunakan elemen kayu sebagai material utamanya, warna coklat kayu yang hangat menjadi identik dengan gaya ini. Untuk melengkapi kesan hangatnya, Anda cukup menambahkan warna-warna yang senada.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas, yang menggunakan warna-warna hangat seperti coklat, krem, dan oranye pada interiornya. Selain itu, kesan antik juga muncul dari meja dan pintu kayu yang diberi finishing natural, serta sofa kulit dengan warna coklat yang klasik.

Selanjutnya: Mengenal Ragam Pola Pemasangan Keramik, Mana Favorit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News