HOME, Keluarga

Ide Dekorasi Balkon Minimalis, Cocok untuk Santai di Rumah

Ide Dekorasi Balkon Minimalis, Cocok untuk Santai di Rumah

MOMSMONEY.ID - Anda yang tinggal di rumah bertingkat pasti sudah tidak asing dengan keberadaan balkon di lantai atas.

Selain menambah estetika rumah, keberadaan balkon biasanya berfungsi sebagai perluasan area di lantai atas rumah. Penggunaannya pun beragam, mulai dari area menjemur baju, taman mini, hingga area santai.

Jika Anda memiliki balkon yang menganggur di rumah dan ingin memanfaatkannya, coba tengok beberapa dekorasi balkon minimalis di bawah ini. Siapa tahu, ada beberapa ide yang bisa Anda tiru!

Baca Juga: Inspirasi Partisi Ruangan, Memberi Privasi Sekaligus Mempercantik Rumah

Warna-warna yang ceria

Warna netral memang umum digunakan karena dapat menciptakan kesan ruangan yang simpel dan minimalis, tapi adakalanya penggunaan warna-warna tersebut bisa terlihat membosankan dan monoton.

Nah, supaya balkon Anda terlihat berbeda, coba gunakan perpaduan warna dan motif yang bold dan ceria. Contohnya seperti balkon di atas, yang menggunakan  warna kuning cerah pada dinding. Untuk menambah suasana hidup, pemiliknya menambahkan karpet merah dengan corak yang mencolok.

Sebagai penyeimbang, tetap gunakan warna netral pada furnitur seperti sofa dan meja yang bisa digunakan untuk bersantai. Tambahkan tanaman hias sebagai sentuhan akhir yang segar pada balkon.

Elemen kayu yang hangat

Jika Anda menginginkan suasana balkon yang hangat yang tetap minimalis, coba gunakan material kayu pada sebagian besar permukaannya.

Gambar balkon di atas menggunakan panel-panel kayu yang melapisi lantai dan langit-langit balkon untuk kesan hangat yang minimalis. Sebagai tempat bersantai, pemiliknya menambahkan kursi rendah model bench yang memanjang di sisi balkon dengan material yang sama.

Supaya balkon tidak terlihat kaku, Anda bisa menambahkan pernak-pernik seperti bantal kursi yang empuk. Balkon Anda pun siap menjadi tempat bersantai yang hangat dan nyaman.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Sprei ala Korea untuk Dekorasi Kamar Tidur yang Makin Estetika

Area belajar yang cerah

Balkon juga bisa diubah sebagai area tertutup sehingga dapat berfungsi sebagai perluasan ruang. Anda dapat menggunakan balkon tersebut sebagai area bekerja atau belajar seperti pada gambar di atas.

Supaya tetap nyaman digunakan, pastikan luas areanya tidak terlalu sempit. Lalu, pastikan pencahayaan di dalam tetap maksimal melalui penggunaan jendela yang besar. Gunakan warna-warna netral yang cerah untuk memberi kesan lapang.

Terakhir, gunakan furnitur dengan desain dan warna yang minimalis supaya ruangan tidak terasa sesak atau sempit.

Balkon sempit yang nyaman 

Balkon yang sempit bukan penghalang bagi Anda untuk menjadikannya tempat yang nyaman. Tergantung preferensi, Anda bisa membiarkan balkon terbuka atau menjadikannya ruang tertutup dengan menambahkan jendela. Sebaiknya, gunakan jendela yang besar supaya pencahayaan di balkon makin optimal.

Balkon sempit di atas diubah menjadi ruangan kecil yang nyaman dengan adanya tempat tidur kecil yang memenuhi sebagian sisi balkon. Selain digunakan untuk tidur, Anda juga bisa menjadikannya sofa dengan menambahkan bantal cushion yang empuk dan senada dengan tema balkon.

Terakhir, tambahkan dekorasi atau pernak-pernik lainnya untuk kesan balkon yang homey sehingga makin nyaman ditempati.

Nah, itulah beberapa contoh ide dekorasi balkon minimalis yang dapat Anda tiru di rumah sendiri. Bagaimana, ada dekorasi balkon yang Anda sukai?

Selanjutnya: Inspirasi Bathtub Minimalis, Mandi Makin Rileks!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News