HOME, Bugar

Ibu Menyusui Wajib Tahu! Ini 4 Cara Memperbanyak ASI

Ibu Menyusui Wajib Tahu! Ini 4 Cara Memperbanyak ASI

MOMSMONEY.ID - Sejak dilahirkan sampai genap berusia enam bulan, ASI eksklusif merupakan makanan terbaik bagi bayi. Namun sayangnya, tidak sedikit ibu menyusui yang cemas mengenai kecukupan produksi ASI untuk si kecil. 

Nutrisi yang terkandung dalam ASI sangat baik untuk perkembangan bayi yang tidak bisa tergantikan oleh susu formula. Berikut tips memperbanyak ASI yang wajib diketahui ibu hamil  dilansir dari Mother Health.

1. Jangan cemas

Sering cemas memikirkan apakah bayi sudah cukup menyusui? Jika bayi aktif, sehat dan menghasilkan feses dan urine di popok, suplai ASI Anda berarti aman.

Produksi ASI membutuhkan beberapa hari untuk bekerja, jadi tetap berpikir positif dan hindari stres bisa jadi cara memperbanyak ASI yang efektif.  

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Buah Srikaya untuk Kesehatan Ibu Hamil

2. Menyusui lebih sering

Prinsip produksi ASI adalah supply and demand, artinya semakin sering bayi menyusui, maka otak akan menangkap sinyal kebutuhan ASI bayi yang semakin meningkat.

Alhasil, hormon yang memicu payudara untuk menghasilkan ASI akan bekerja untuk memproduksi ASI lebih banyak. Usahakan ibu untuk menyusui Si Kecil 8-12 kali sehari atau semau bayi untuk mempertahankan maupun meningkatkan produksi ASI. 

3. Istirahat cukup

Kurang tidur atau kelelahan bisa jadi penyebab ASI rendah. Jadi untuk memperbanyak ASI, pastikan Anda sudah cukup beristirahat. Untuk tidur lebih nyenyak dan berkualitas, hindari minuman berkafein dan aktivitas berat di malam hari.

Perhatikan juga posisi menyusui ketika Anda memberikan ASI agar terhindar dari pegal-pegal dan rasa tidak nyaman yang membuat kondisi kesehatan Anda menurun.

4. Pompa di antara waktu menyusui

Memompa di antara waktu menyusui juga dapat membantu ibu meningkatkan produksi ASI. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ibu dapat mengompres payudara terlebih dahulu sebelum memerah ASI.

5. Menyusui dari kedua sisi

Minta Si Kecil menyusu dari kedua payudara setiap kali menyusu. Biarkan bayi  menyusu dari payudara pertama sampai hisapannya melambat atau berhenti menyusu sebelum menawarkan payudara kedua.

Stimulasi menyusui dari kedua payudara dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Memompa susu dari kedua payudara secara bersamaan juga dapat meningkatkan produksi ASI. 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Kaya Nutrisi yang Mengenyangkan untuk Ibu Menyusui

Lakukan cara memperbanyak ASI yang telah disebutkan di atas secara rutin. Cara meningkatkan produksi ASI yang alami memang tidak memberikan hasil instan seperti konsumsi suplemen penambah ASI, namun kualitas ASI akan lebih terjaga.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli laktasi jika Anda mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI.

Selanjutnya: Kanker Payudara: Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News