Santai

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Cari Tahu Manfaat dan Penjelasannya di Sini

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Cari Tahu Manfaat dan Penjelasannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Melakukan olahraga saat sedang dalam masa kehamilan ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan bayi.

Masa kehamilan seharusnya tak menghalangi kegiatan olahraga. Mengutip laman Web MD, semua kegiatan olahraga yang dilakukan pada masa kehamilan tentu saja aman asalkan tidak dilakukan secara berlebihan, hati-hati, dan didampingi oleh ahli.

Olahraga yang disarankan untuk dilakukan ibu hamil paling umum adalah berenang. Selain itu, berjalan, bersepeda, yoga, ataupun olahraga khusus ibu hamil.

Baca Juga: Banyak Dialami Selebriti, Ternyata Ada 5 Jenis Selingkuh lo

Beberapa kondisi ibu hamil memang ada yang tidak diperbolehkan untuk berolah raga saat hamil. Maka dari itu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Secara umum, dengan berolahraga, ibu hamil tentunya akan lebih mudah untuk menjalani pola kehidupan sehat. Yang pasti, akan sangat berguna bagi kesehatan ibu dan bayi dengan dukungan pola makan yang sehat juga tentunya.

Olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil juga dapat membantu untuk memperbaiki postur tubuh ibu hamil.

Melansir dari laman Mayo Clinic, berolahraga saat hamil bermanfaat untuk membantu menguatkan tulang dan kekuatan untuk menopang perut yang semakin membesar.

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini 5 Fakta Unik tentang Kehamilan

Selain itu, manfaat lain yang diperoleh ketika berolah raga saat sedang dalam masa kehamilan adalah membantu tubuh terhindar dari nyeri dan sakit pada tubuh.

Ibu hamil tentunya lebih rentan untuk merasakan sakit pada punggung belakang dan bengkak. Berolahraga saat hamil dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Berolahraga saat hamil juga bisa membantu untuk meningkatkan kualitas tidur ibu hamil. Istirahat yang cukup juga tentunya dibutuhkan bagi ibu hamil.

Dengan melakukan olahraga ringan akan membantu ibu hamil untuk memperbaiki pola dan kualitas tidur.

Baca Juga: Sering Dialami Ibu Baru Melahirkan, Kenali Postpartum Depression dan Gejalanya

Menurut laman Health Line, ibu hamil sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam melakukan olahraga pada trimester awal. Selain itu, sebaiknya untuk menghindari berada pada posisi terlentang dalam waktu yang lama saat trimester awal.

Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi banyak air sebelum, saat, dan setelah melakukan olahraga.

Gunakan juga pakaian yang aman dan bisa memberikan support pada bagian perut sehingga bisa bergerak dengan bebas saat berolah raga.

Ada baiknya juga untuk menghindari mengikuti kelas olahraga yang terlalu banyak mengeluarkan keringat dan kegiatan menahan nafas seperti hot yoga atau olahraga yang membutuhkan kontak dengan orang lain.

Itulah tadi alasan penting bagi ibu hamil untuk berolah raga dan juga manfaatnya. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News