HOME, Keluarga

Hybrid Learning Semasa Masih Pandemi Covid-19, Aplikasi Pendidikan Jadi Pilihan

Hybrid Learning Semasa Masih Pandemi Covid-19, Aplikasi Pendidikan Jadi Pilihan

MOMSMONEY.ID - Seiring dengan membaiknya situasi pandemi covid-19, anak telah diizinkan untuk kembali belajar di sekolah. Meski kondisi belum sepenuhnya normal, orang tua dapat bernapas lega karena berkurangnya tanggungjawab mengajari anak di rumah.

Nah, saat ini, sekolah menerapkan sistem pembelajaran campuran atau hybrid learning sebagai jawaban dari masalah Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ataupun Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan hybrid learning, orang tua dapat berbagi tanggung jawab dengan sekolah dalam pembelajaran anak. Selain itu, orang tua juga mampu mengelola waktu belajar anak di luar ruang kelas.

Orangtua seringkali memiliki kesibukan sendiri sehingga tidak dapat terus-menerus mendampingi anak belajar. Untuk menyiasati hal tersebut, GREDU, sebuah aplikasi pendidikan dan sekolah, menghadirkan layanan GREDU Assistance yang dirancang untuk menjadi teman belajar anak.

GREDU Assistance dapat digunakan oleh anak dengan berbagai metode, intensitas, dan waktu belajar. Hal ini sejalan dengan keyakinan GREDU bahwa setiap anak memiliki ritme belajar yang personal dan berbeda-beda.

Baca Juga: Wajib Terpenuhi! Inilah Nutrisi Penting untuk Anak yang Ikut Berpuasa

Selama PJJ, GREDU telah membantu ratusan sekolah menjalankan kegiatan belajar-mengajar. Selama proses itu, GREDU telah mempelajari bahwa laju belajar mengalami perubahan. Apalagi orang tua diharuskan lebih terlibat dalam kegiatan belajar anak, padahal belum tentu  mereka menguasai topik pelajaran anaknya.

Oleh sebab itu, GREDU Assistance diharapkan dapat mengimbangi laju belajar peserta didik yang beragam dengan layanan konsultasi 24 jam via chat. Tidak hanya itu, dengan layanan GREDU Assistance, setidaknya meringankan beban orang tua lewat layanan mentoring online via video konferensi.

Menurut Ricky Putra, Chief Commercial Officer (CCO) GREDU, layanan GREDU Assistance dapat membantu anak untuk belajar bersama teman-temannya melalui mentoring online dengan topik yang relevan dan disesuaikan dengan jam belajar anak. Apabila anak terbiasa belajar secara mandiri, maka GREDU Assistance yang bisa diakses 24 jam dapat menjadi tempat bertanya bagi anak.

Baca Juga: Kemenkes Sediakan 340 Pos Kesehatan di Jalur Mudik Lebaran 2022

Lebih lanjut Ricky menyebutkan bahwa GREDU Assistance dapat menjadi solusi dari berbagai kendala dalam pembelajaran. Sering kali, peserta didik malu bertanya saat kegiatan belajar-mengajar di kelas. Untuk mengatasi masalah ini, GREDU Assistance bisa menjadi media bagi peserta didik untuk memperoleh informasi dan mengatasi ketidakpahamannya sehingga diharapkan prestasi siswa bisa meningkat.

Hal ini pun dapat ditambah dengan beberapa treatment ekstra dari orang tua yang turut berpengaruh dalam menumbuhkan motivasi belajar anak. Orang tua perlu rutin menanyakan hasil belajar, memberikan penghargaan atas prestasi anak, menjatuhkan sanksi apabila anak melanggar norma, serta memenuhi fasilitas penunjang belajar.

Baca Juga: Mudik Naik Kendaraan Pribadi, Ini Hal yang Perlu Disiapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News