Keluarga

Hobi Posting Foto di Sosial Media? Ini Lho Bahayanya!

Hobi Posting Foto di Sosial Media? Ini Lho Bahayanya!

MOMSMONEY.ID - Moms tentu sering menggunakan waktu luang untuk berbagi momen di sosial media. Mulai dari instagram maupun TikTok. Namun terlalu sering berbagi di sosial media juga berbahaya lho!

Melansir Microsoft, berbagi kehidupan personal di sosial media dapat mempermudah pelaku kriminal mempelajari hal penting tentang Anda. Misalkan berbagi foto saat Anda sedang dalam perjalanan dapat membuat pelaku kejahatan mengetahui bahwa rumah Anda dalam kondisi kosong. 

Baca Juga: Dunia Terancam Resesi, Apa Itu Resesi dan Dampaknya Bagi Ekonomi?

Hal lain yang bisa saja berbahaya bagi Anda adalah membagi foto yang diambil di dalam rumah. Foto di dalam rumah sering kali membuat banyak orang jadi memahami tata letak di dalam rumah beserta isinya. Ini menjadi pemicu pelaku kejahatan mempelajari isi rumah Anda dan bisa dengan mudah merencanakan pencurian. 

Anda juga perlu berhati-hati dalam berbagi foto anggota keluarga. Ini dapat membahayakan identitas pribadi anggota keluarga dan menjadikan mereka target kejahatan. 

Satu lagi, tentu Moms pernah mengikuti tren berbagi foto sesuai dengan instruksi yang ada di story instagram. Misalkan tren “tunjukan foto yang tidak pernah kamu post sebelumnya”. Dengan mengikuti tren ini dengan tidak sadar, Anda justru membagikan foto yang seharusnya memang bersifat pribadi dan tidak perlu dibagikan. 

Lalu, apa yang perlu Anda lakukan?

Pertama, Anda perlu lebih berhati-hati mengenai apa yang Anda bagikan. Sekali Anda membagikannya di internet, hampir tidak mungkin untuk sepenuhnya menghapus foto tersebut. Sebelum membagikannya pertimbangkan lagi bagaimana perasaan Anda jika foto tersebut ada di halaman depan koran? Kemudian, lihat kembali latar yang ada di belakang foto Anda, apakah ada yang harusnya bersifat pribadi? 

Kedua, pertimbangkan kembali kepada siapa Anda akan berbagi. Di Instagram misalnya, Anda dapat memilih membagikannya ke seluruh followers atau hanya teman dekat Anda. Selain itu Anda juga bisa mengkurasi pertemanan di sosial media. Pilih teman yang benar-benar Anda kenal untuk menjadi teman Anda di sosial media. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sabun Muka Penghilang Jerawat dan Bekasnya, Cobain Yuk!

Terakhir, lakukan langkah pengamanan akun. Anda bisa mengaktifkan 2-step verification untuk mengurangi kesempatan seseorang meretas akun Anda. Kunci akun Anda, sehingga hanya orang-orang yang Anda kenal yang memiliki akses pada foto yang mau Anda bagikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News