HOME, Bugar

HIV/AIDS Bisa Dicegah, Berikut Ini Beberapa Cara Pencegahannya

HIV/AIDS Bisa Dicegah, Berikut Ini Beberapa Cara Pencegahannya

MOMSMONEY.ID - 1 Desember merupakan peringatan hari AIDS sedunia. AIDS sendiri merupakan salah satu kondisi penyakit yang membahayakan nyawa penderitanya.

AIDS merupakan kondisi penyakit yang berkembang dan disebabkan oleh virus HIV. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjangkitnya penyakit berbahaya ini.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah HIV/AIDS.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan HIV dan AIDS Agar Tidak Salah Penanganan

Terapi dan pengobatan

AIDS adalah kondisi yang berkembang dari HIV. Seperti yang dilansir dari laman Very Well Health, terapi dan pengobatan sudah banyak dikembangkan agar penderita HIV bisa memiliki jangka waktu hidup yang lama dan lebih sehat.

Menggunakan kondom

HIV dapat menyebar melalui hubungan seksual. Dengan menggunakan kondom saat berhubungan seksual bisa membantu mengurangi risiko penularan virus HIV pada pasangan.

Menjauhi obat suntik

Melansir dari laman Centers of Disease Control and Prevention (CDC), untuk mencegah virus HIV yang menular melalui alat suntik, ada baiknya untuk selalu menggunakan alat suntik baru. Selain itu gunakan juga alat suntik yang bersih dan bukan alat suntik bekas.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Mengenai Menopause yang Penting untuk Diketahui

Melakukan tes HIV/AIDS

Sebagai upaya pencegahan, melakukan tes untuk mengetahui adanya virus HIV dalam tubuh juga bisa dilakukan. Biasanya orang-orang yang memiliki aktivitas seksual yang aktif membutuhkan tes untuk memastikan tidak adanya virus HIV dalam tubuh.

Bagi ibu hamil juga disarankan untuk melakukan test yang mendeteksi adanya virus HIV dalam tubuh atau tidak. Karena virus HIV juga menular melalui air susu ibu dan masa kehamilan.

Obat pencegahan HIV

Melansir dari laman NHS, obat pencegahan HIV akan diberikan pada pasien yang telah mendapatkan hasil negatif HIV. Obat ini juga diberikan pada orang yang memiliki risiko terjangkit HIV seperti orang dengan pasangan yang terjangkit HIV.

Biasanya obat yang diberikan adalah pre-exposure prophylaxis (PrEP) atau obat yang digunakan untuk mengurangi resiko terjangkitnya virus ini dan diresepkan oleh dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News