HOME, Keluarga

Hindari Tagihan Bengkak, Ini Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Hindari Tagihan Bengkak, Ini Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

MOMSMONEY.ID - Di Indonesia yang memiliki iklim tropis, AC atau air conditioner seakan menjadi barang yang wajib ada di rumah-rumah, terutama di wilayanh perkotaan.

Di satu sisi, AC memang menguntungkan karena dapat mendinginkan udara yang terasa panas dan lembap. Di sisi lain, penggunaan AC yang berlebihan dapat menyebabkan lonjakan tagihan listrik karena konsumsi listrik AC yang tergolong besar.

Oleh karena itu, AC perlu digunakan dengan bijak supaya Anda tetap bisa menghemat tagihan listrik sambil menikmati udara AC yang dingin. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Hampers Tableware untuk Lebaran

Matikan AC saat tidak digunakan

Dikutip dari laman Daikin Australia, salah satu cara termudah untuk menghemat listrik adalah dengan mematikan AC saat sedang tidak digunakan.

Selain mematikan AC saat meninggalkan kamar atau rumah, Anda juga bisa mematikan AC saat tidur karena udara di malam hari secara alami lebih dingin daripada siang hari. Tak perlu menyalakan AC semalaman, cukup nyalakan AC sebentar dan matikan jika ruangan sudah dingin.

Atur suhu AC yang tepat

Pengaturan suhu AC sangat berpengaruh pada konsumsi listrik. Jadi, Anda bisa menghemat listrik dengan cara mengatur suhu AC secara tepat.

Triknya, atur suhu AC sehingga mesinnya tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan, tapi masih membuat ruangan terasa sejuk dan nyaman. Hindari mengatur suhu AC yang terlalu dingin saat udara panas.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Rumah

Tutup jendela dan pintu

Cahaya matahari yang masuk ke rumah tak hanya membuat rumah terasa cerah, tapi juga panas. Hal ini akan memengaruhi kinerja AC, karena harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah.

Untuk mencegah konsumsi listrik yang berlebihan, cobalah untuk mengurangi intensitas cahaya matahari di dalam rumah. Tutup jendela dan pintu, lalu gunakan penutup jendela seperti tirai untuk membantu memblokir cahaya matahari.

Baca Juga: Hati-Hati, 8 Jenis Bau di Rumah Ini Perlu Diwaspadai!

Matikan peralatan yang menghasilkan panas

Hawa panas di dalam rumah Anda bisa dihasilkan dari peralatan atau kegiatan tertentu, misalnya memasak di atas kompor atau menyalakan TV dalam jangka waktu lama.

Melansir Apartment Therapy, cobalah untuk menurunkan suhu di dalam rumah dengan mengurangi kegiatan yang menghasilkan panas. Selain itu, matikan peralatan yang dapat menghasilkan panas jika dipakai dalam waktu lama, seperti peralatan elektronik.

Bersihkan AC secara rutin

Terakhir, Anda perlu membersihkan AC secara rutin untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang menumpuk di dalam komponen AC, terutama filter-nya. Tumpukan debu dan kotoran yang menumpuk di dalam AC dapat menghalangi kinerjanya, sehingga AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

Jika AC bekerja lebih keras, listrik yang dikonsumsi akan lebih besar pula. Jadi, membersihkan AC secara rutin dapat membantu Anda menghemat listrik sekaligus merawat AC sehingga awet dan tahan lama.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik saat menggunakan AC. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News