Keluarga

Hindari Risiko Terbakar, Begini Cara Defrost Freezer Basmi Bunga Es

Hindari Risiko Terbakar, Begini Cara Defrost Freezer Basmi Bunga Es

MOMSMONEY.ID - Saat membuka kulkas atau freezer, uap air bisa masuk dan membeku dengan cepat menjadi bunga es. Yuk, simak cara defrost freezer yang tepat untuk membasmi bunga es. 

Melansir Better Homes & Gardens, semakin lama Anda membiarkan bunga es di dalam freezer, sensor suhu dan ventilasi udara akan tertutup. Ini menyebabkan freezer Anda bekerja keras dan malah membuat bunga-bunga es semakin menumpuk.

Nah, saat menghadapi bunga-bunga es yang semakin banyak, Anda harus melakukan defrost freezer. Caranya, dengan melelehkan bunga-bunga es yang ada di freezer dan mengeringkannya. 

Baca Juga: Simak Cara Menyiasati Agar Rumah Terlihat Lebih Luas

Lalu, apa saja yang menyebabkan bunga-bunga es? 

Selain masuknya uap air saat Anda membuka kulkas atau freezer, ada beberapa penyebab lainnya. Salah satu penyebab muncul bunga-bunga es adalah makanan yang panas. 

Saat Anda memasukan makanan panas ke freezer, uap dari makanan akan membeku dan pada akhirnya menempel di freezer. Sehingga, sebaiknya Anda menunggu makanan sedikit dingin sebelum memasukannya ke freezer

Penyebab lainnya lagi adalah pintu freezer yang rusak. Saat pintu tidak bisa tertutup sempurna maka udara akan terus masuk ke dalam freezer Anda membawa uap air. Pada akhirnya, uap air akan membeku dan menimbulkan bunga es. 

Kapan saat yang tepat untuk melakukan defrost freezer? 

Jika freezer dalam kondisi normal, Anda disarankan secara rutin untuk melakukan defrost freezer satu kali dalam satu tahun. Namun, jika bunga es cepat muncul, maka Anda harus sering melakukan defrost freezer sehingga bisa beberapa kali dalam setahun. 

Sebaiknya Anda melakukan pengecekan secara rutin. Apabila bunga es sudah mencapai ketebalan 0,6 cm, sebaiknya Anda harus segera defrost freezer Anda. 

Baca Juga: Ini Lo Alasan Kasur Hotel Sangat Nyaman dan Empuk

Cara defrost freezer bunga es di kulkas maupun freezer

1. Matikan freezer atau kulkas Anda

Anda perlu membuat bunga es meleleh. Caranya, dengan mematikan atau memutus aliran listrik freezer atau kulkas.

Setelah mematikan kulkas atau freezer, Anda bisa mengeluarkan seluruh barang yang ada di dalamnya. Jika Anda memiliki bahan yang harus disimpan di suhu dingin, masukan barang tersebut ke pendingin lainnya. 

2. Siapkan kain untuk menyerap es yang meleleh

Cara selanjutnya untuk defrost freezer adalah menyiapkan kain atau pel. Saat es meleleh, air akan membasahi area sekitar kulkas atau freezer Anda.

Untuk mengatasi genangan air tersebut siapkan kain untuk menyerap lelehan es. Anda juga bisa meletakan kain di bawah freezer dan di lantai.

Selain itu, Anda juga bisa meletakan baskom di bawah freezer jika memungkinkan. 

Baca Juga: Begini Cara Merawat Furnitur Yang Ada Di Halaman Rumah

3. Tunggu hingga es mencair seluruhnya

Setelah Anda mematikan kulkas atau freezer, biarkan pintu terbuka. Kemudian, tunggu hingga es mencair seluruhnya.

Cara defrost freezer memang membutuhkan kesabaran karena diperlukan waktu 2-24 jam untuk es mencair seluruhnya tergantung pada ketebalannya. 

Nah, untuk membantu mempercepat proses es mencair, Anda bisa memasang kipas angin dan hadapkan ke freezer. Aliran udara dengan suhu yang lebih hangat dapat mempermudah es leleh.

4. Bersihkan freezer

Setelah es mencair seluruhnya, jangan lupa lap seluruh bagian freezer untuk menghilangkan sisa-sisa air. Anda juga bisa membersihkan freezer dengan campuran satu sendok makan soda kue dan 4 gelas air hangat.

Aplikasikan campuran ini dengan kain dan lap ke seluruh bagian dinding freezer. Setelah bersih, lap dengan kain kering. 

Nah, itu tadi cara melakukan defrost freezer untuk menghilangkan bunga es dengan tepat. Setelah bersih semua, nyalakan kembali freezer atau kulkas Anda, tunggu 15 menit dan masukkan kembali seluruh barang-barang ke dalamnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News