Keluarga

Hindari Panik, Ini Lho Cara Mudah Mematikan Bunyi Alarm Token Listrik di Rumah

Hindari Panik, Ini Lho Cara Mudah Mematikan Bunyi Alarm Token Listrik di Rumah

MOMSMONEY.ID - Meteran listrik di rumah Anda memiliki sistem alarm yang berfungsi mengingatkan jika pulsa token listrik sudah tipis. Meski berguna, bunyi alarm ini cukup berisik. Tapi tenang saja, ada cara mudah untuk mematikan bunyi alarm token listrik di rumah. 

Meteran listrik yang berbunyi ini biasanya ada pada jenis layanan listrik pra-bayar. Layanan ini memungkinkan Moms membeli pulsa token listrik dalam jumlah tertentu dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi Anda tak perlu lagi membayar tagihan setiap bulannya. 

Baca Juga: Tips Memperlambat Perubahan Iklim Bumi yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Pulsa token listrik ini layaknya pulsa pada HP. Saldo pada token listrik bisa habis sewaktu-waktu sesuai penggunaannya. Maka dibutuhkan sistem alarm untuk mengingatkan Anda untuk segera mengisi token listrik jika tak ingin sambungan listrik terputus. Meski berguna, terkadang bunyi alarm token listrik ini cukup mengganggu karena suaranya yang lumayan nyaring.

Jika Anda mulai terganggu, ada cara mudah untuk mematikan bunyi alarm token listrik di rumah. Caranya berbeda-beda disesuaikan dengan merek meteran listrik Anda di rumah. Melansir Kenyans.co.ke dan HomeX, begini cara mudah mematikan bunyi alarm token listrik.

Cara mematikan bunyi alarm token listrik di rumah sesuai merek

  • Hexing: tekan 812 kemudian tekan Enter. 
  • Actaris/Itron: tekan tombol Enter atau Send beberapa detik, hingga alarm mati.
  • Inhemeter: tekan 016 atau 017 lalu tekan Enter. 
  • Conlog: tekan tanda pagar (#) agak lama atau tekan backspace sebanyak 3 kali.

Cara mematikan bunyi alarm token listrik di rumah tersebut hanya bersifat sementara. Alarm akan berbunyi kembali jika Anda tak segera mengisi pulsa token listrik. 

Baca Juga: Beli Pulsa dan Bayar Tagihan Listrik Lewat Home Credit? Ini Cara Mudahnya

Untuk itu ada baiknya setelah mematikan bunyi alarm token listrik di rumah, Anda segera mengisi pulsa token listrik pada saat itu juga. Jadi alarm token listrik tidak akan berbunyi kembali. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News