Bugar

Hindari Mulai Sekarang! Inilah 5 Makanan yang Bisa Merusak Kesehatan Kulit

Hindari Mulai Sekarang! Inilah 5 Makanan yang Bisa Merusak Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Sebagian besar orang mengatur pola makannya untuk menjaga berat badan. Beberapa lainnya untuk menjaga kesehatan kulitnya.

Apalagi bagi orang-orang yang memiliki alergi dan kulit sensitif, memilih makanan yang tepat masuk ke dalam perawatan kulit mereka. 

Apa pun yang Anda konsumsi bisa memengaruhi kondisi kulit . Dilansir dari Skin Health dan Mayo Clinic, inilah beberapa makanan dan minuman yang bisa merusak kulit, antara lain: 

Baca Juga: Bukan Hanya Makanan Bergizi, Inilah Manfaat Rutin Mengonsumsi Vitamin untuk Kesehatan

Makanan indeks glikemik tinggi

Makanan glikemik tinggi, seperti roti putih dan kentang ternyata juga bisa merusak kulit. Makanan ini tidak hanya menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi juga dikaitkan dengan penuaan dini.

Kandungan gula pada makanan tersebut dapat memicu proses glikasi, di mana molekul gula menempel pada kolagen di kulit 

Susu dan produk turunannya

Kalau makanan yang satu ini pasti sudah sering kamu dengar. Susu sapi ternyata mampu meningkatkan kadar insulin dan beberapa merek susu sapi mengandung hormon pertumbuhan.

Peningkatan insulin akan menambah kadar kortisol dalam sirkulasi yang mengikat kelenjar sebaceous, sehingga memicu produksi sebum.

Minuman beralkohol

Alkohol jelas memberikan efek negatif untuk kesehatan. Selain dapat memengaruhi fungsi hati, minuman yang satu ini juga bisa merusak kulit.

Alkohol bersifat diuretik, yakni mampu mengeluarkan cairan dalam tubuh. Kurangnya cairan tentu mengurangi kelembaban kulit.

Akibatnya, kulit yang kering membuat garis-garis halus dan kerutan. Kondisi ini tentu membuat Anda tampak lebih tua.  

Baca Juga: Luar Biasa! Sederet Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Cokelat

Kandungan karbohidrat pada cokelat melalui proses metabolisme yang sama seperti gula. Artinya karbohidrat ini dapat menyebabkan keriput dengan merusak kolagen di kulit.

Kandungan gula tinggi yang sering ditemukan pada permen dan cokelat dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu respon peradangan tubuh. 

Makanan tinggi lemak

Daging tinggi lemak, makanan cepat saji, dan makanan berpengawet mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Kandungan lemak yang tinggi ini mampu memicu produksi insulin.

Naiknya insulin otomatis memicu hormon yang menyebabkan jerawat. Itulah beberapa jenis makanan yang dapat memberikan dampak negatif pada kulit.

Itulah beberapa makanan yang bisa merusak kulit. Tidak harus stop mengonsumsinya, tapi Anda bisa mulai mengurangi konsumsi makannan tersebut jika berdampak pada kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News