Keluarga

Hindari Mengucapkan 6 Kata-Kata Ini Saat Berbicara dengan Orang Sensitif

Hindari Mengucapkan 6 Kata-Kata Ini Saat Berbicara dengan Orang Sensitif

MOMSMONEY.ID - Apa saja kata-kata yang harus dihindari saat berbicara dengan orang yang sensitif? Ini dia jawabannya.

Orang yang sensitif cenderung mampu memahami situasi dan perasaan orang lain dengan lebih baik.

Dianugerahi perasaan yang sangat lembut dan peka, kebanyakan orang yang sensitif mudah tersentuh dan mengeluarkan air mata.

Apakah Anda punya teman, keluarga, atau justru pasangan yang sensitif? Jika benar demikian, berikut 6 kata-kata yang harus dihindari saat berbicara dengan orang sensitif sebagaimana dirangkum dari Bustle:

Baca Juga: 4 Cara Menerapkan Metode Mindful Skincare yang Menarik Dicoba!

1. Kita perlu bicara

Kalimat “Kita perlu bicara” sering kali dikatakan oleh banyak orang ketika hendak menyampaikan kabar buruk.

Karena orang yang sensitif mampu merasakan banyak hal dengan lebih dalam, mereka pun cenderung memiliki reaksi emosional negatif terhadap frasa seperti “Kita perlu bicara” atau “Saya perlu memberi tahu Anda sesuatu”.

Lebih baik, buat percakapan senormal mungkin daripada memicu kekhawatiran dengan mengucapkan kata-kata tersebut saat Anda sedang berhadapan dengan orang yang sensitif.

2. Anda bereaksi berlebihan

Orang yang sangat sensitif sering kali ingin mengendalikan respons emosionalnya, namun mereka tidak bisa.

Ketika Anda memberi tahu orang yang sensitif bahwa mereka telah bereaksi berlebihan, Anda hanya akan memperkuat gagasan bahwa mereka harus disalahkan.

Kemungkinan, mereka juga akan merasa tidak cukup berusaha dan emosinya bukanlah reaksi yang jujur serta valid.

3. Tumbuhlah!

Orang yang mudah menangis begitu saja belum tentu tidak dewasa atau kekanak-kanakan. Mungkin saja, mereka adalah orang yang sensitif.

Dengan menyuruh orang-orang yang sensitif untuk tumbuh dan berhenti menjadi cengeng, itu bisa membuat mereka merasa terhina.

Selain melemahkan perasaan, kata-kata semacam itu juga dapat memperkuat gagasan bahwa menjadi orang yang sensitif merupakan sebuah kesalahan dan mereka harus berubah.

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Anak Kecil yang Berperilaku Memberontak dengan Tepat

4. Saya tahu bagaimana perasaan Anda

Orang yang mampu merasakan sesuatu secara mendalam cenderung benci mendengar kata-kata “Saya tahu bagaimana perasaan Anda”.

Ingat, tidak ada satu pun dari kita yang benar-benar memahami perasaan orang lain terutama jika orang tersebut sangat sensitif.

Alih-alih mengatakan “Saya tahu bagaimana perasaan Anda”, lebih baik katakan sesuatu seperti “Saya tahu sedikit tentang apa yang Anda alami” kepada orang yang menurut Anda sensitif.

5. Kamu perlu berobat

Menjadi sensitif memang dapat menyertai jenis penyakit mental tertentu khususnya yang berhubungan dengan pemrosesan sensorik. Akan tetapi, tidak selalu demikian.

Beberapa orang yang sensitif hanyalah orang sensitif dan tidak lebih dari itu. Jadi, Anda tidak perlu memperlakukan orang yang sensitif seolah-olah mereka memiliki penyakit.

6. Anda harus menjadi kuat

Hindari mengatakan kata-kata seperti “Anda harus menjadi kuat” atau “Anda perlu belajar bagaimana mengatasi pukulan” kepada orang yang sensitif.

Mengapa demikian? Karena, tidak semua orang yang sensitif adalah orang yang lemah.

Pada dasarnya, orang yang sensitif tidak membutuhkan latihan ketangguhan melainkan pengertian.

Itulah 6 kata-kata yang harus dihindari saat berbicara dengan orang yang sensitif. Yuk, belajar lebih peka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News