HOME, AturUang

Hindari Mengambil Dana Darurat untuk Dana Sosial

Hindari Mengambil Dana Darurat untuk Dana Sosial

MOMSMONEY.ID - Beramal atau membantu rekan yang membutuhkan serta memberikan hadiah bagi mereka yang menikah kerap kita lakukan. Apalagi di tengah pandemi ini, dana sosial lebih banyak dikeluarkan. 

Guna memenuhi kebutuhan dana sosial, maka ketika menerima pemasukan sumber dananya harus segera dialokasikan. Baik dari penghasilan yang rutin maupun juga dari penghasilan tidak rutin, seperti bonus, THR, komisi, atau penghasilan lainnya.

Baca Juga: Yuk, Bantu Orang yang Membutuhkan Dengan Memanfaatkan Teknologi!

"Jangan mengambil dana ini dari dana darurat, karena dana darurat adalah dana yang baru boleh dicairkan untuk keperluan yang sangat darurat dalam kehidupan," kata Biudi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt Financial Independet. 

Pasalnya, darurat yang dimaksud seperti adanya gangguan penghasilan, pengeluaran mendadak akibat terjadinya risiko yang tidak terkover oleh asuransi, perbaikan kendaraan atau rumah, atau juga apabila ada kedukaan dalam keluarga.

Sependapat dengan Budi, Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi juga mengatakan bahwa dana darurat jangan sampai diganggu gugat untuk keperluan yang tidak mendesak.

"Termasuk untuk donasi amal tidak diambil dari dana darurat," ungkap Eko.        

Selanjutnya: Sama-Sama Bekerja Guna Meringankan Beban Sandwich Generation

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News