Bugar

Hindari Mata Memerah, Begini 7 Tahap Memakai Softlens yang Tepat

Hindari Mata Memerah, Begini 7 Tahap Memakai Softlens yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Banyak wanita yang menggunakan softlens sebagai beauty item supaya bisa memaksimalkan penampilannya sehari-hari. Selain itu, softlens juga bisa menjadi alternatif pengganti kacamata.

Walaupun menarik digunakan, tetapi softlens memiliki kekurangan. Salah satunya saat memasang dan mencopot softlens. Jika belum terbiasa, memakai softlens dapat menjadi hal panjang dan melelahkan.

Selain itu, memakai softlens dengan cara yang salah, dapat menyebabkan iritasi kepada mata, sehingga menyebabkan mata merah. Ini dapat membahayakan mata Anda.

Agar tidak mengalami masalah tersebut, berikut beberapa cara memakai softlens dengan benar agar mata tidak merah, dilansir dari herworld.co.id

1. Mencuci tangan

Cara pertama memakai softlens dengan tepat agar mata tidak merah, yaitu mencuci tangan. Hal ini supaya terhindar dari kotoran yang menempel di tangan. Langkah terbaik untuk membersihkan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Hindari sabun yang mengandung pewangi, dan sebisa mungkin menggunakan sabun anti-bacterial. Kemudian, keringkan tangan sampai benar benar kering dan hindari menyentuh benda lain setelah mencuci tangan

2. Buka tempat softlens

Cara memakai softlens dengan tepat selanjunya adalah buka tempat softlens. Saat ingin menggunakan softlens, bukalah hanya salah satu tutup tempat softlens yang akan segera digunakan. Hindari langsung membuka keduanya, karena bisa mengurangi kehigienisan softlens yang lain. 

3. Ambil softlens

Berikutnya, ambil softlens yang sudah direndam di tempatnya, dan taruh di ujung bantalan jari telunjuk. Jangan mengambil softlens menggunakan kuku, karena dapat merusak atau merobek softlens itu sendiri. Bila Anda khawatir merusak soflens, Anda juga dapat menggunakan alat bantu, yang biasanya tersedia saat membeli tempat softlens.

Baca Juga: Kenali Bentuk Tubuh Wanita dan Risiko Penyakit di Baliknya

4. Posisikan softlens dengan bener

Cek dahulu posisi softlens sebelum digunakan. Bila saat ditaruh di ujung jari, bagian luar softlens yang lebar atau atas terlihat mencuat keluar, artinya softlens terbalik. Posisi yang benar adalah softlens memiliki bentuk cembung sempurna seperti mangkok. Posisi yang salah, dapat membuat mata perih dan kemungkinan softlens yang tidak menempel sangat besar.

5. Buka mata bagian bawah

Berikutnya, buka mata Anda bagian bawah. Setelah softlens dalam posisi yang benar, tarik turun daerah sekitar kantung mata menggunakan jari tengah dengan tangan yang sama dengan jari telunjuk yang membawa softlens. Dalam menghindari softlens jatuh, lakukan dengan pelan pelan.

6. Buka kelopak mata

Setelah menarik ke bawah bagian daerah kantong mata, langkah berikutnya adalah menarik ke atas bagian kelopak mata menggunakan jari pada tangan yang tidak memegang softlens. Jadi, mata dapat terbuka dari bagian atas dan bawah

7. Masukan softlens

Saat mata sudah dalam posisi terbuka, arahkan jari telunjuk dengan softlens ke arah bola mata, dengan tatapan lurus kearah softlens.

Tidak perlu khawatir sakit saat melakukan langkah ini, karena softlens menghindari jari Anda melakukan kontak langsung dengan bola mata, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat digunakan. Setelah terpasang Anda dapat mengedip secara perlahan, agar softlens dapat berada ditempatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News