HOME, Keluarga

Hindari Kontaminasi Bakteri, Ini 5 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dicuci

Hindari Kontaminasi Bakteri, Ini 5 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dicuci

MOMSMONEY.ID - Mencuci adalah salah satu kegiatan membersihkan bahan makanan sebelum diolah dan dimasak. Tapi nyatanya, ada beberapa jenis bahan makanan yang pantang untuk dicuci. Ini karena menghindari adanya kontaminasi bakteri.

Selain menghindari bakteri, adapun beberapa alasan lain yang menyebabkan bahan makanan tersebut jadi tidak oleh dicuci. Apa sajakah itu?

Merangkum dari laman Mashed dan Cookist berikut 5 bahan makanan yang tidak boleh dicuci. Simak artikelnya berikut ini ya, Moms!

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Minyak yang Menempel pada Makanan yang Digoreng

Telur

Telur Rebus

Bahan makanan pertama yang tidak boleh dicuci adalah telur.

Mencuci telur dapat secara aktif membantu transfer bakteri berbahaya seperti salmonella dari bagian luar telur ke bagian dalamnya.

Memcuci telur dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang, terutama apabila cangkangnya retak.

Baca Juga: Mengandung Melatonin, 5 Makanan Ini Bisa Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Daging mentah

Berdasarkan penelitian Departemen Penelitian AS (USDA) yang dilansir dari Best Life Online, ditemukan bahwa mencuci daging mentah dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan seperti diare.

Mencuci daging dengan air yang tak cukup panas hanya akan membuat bakteri dari daging mentah berpindah ke permukaan wastafel.

Daging mentah ini mencangkup unggas seperti ayam atau kalkun, hingga hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, dan babi.

USDA menyarankan untuk melewatkan tahap mencuci daging mentah dan diganti dengan membersihkan permukaan dapur agar bakteri tak menempel pada makanan.

Baca Juga: Hati-hati! 7 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Dibeli dalam Jumlah Banyak

Ikan mentah

Ikan Mentah

Hayo, siapa yang suka mencuci ikan mentah sebelum memasaknya? Mencuci ikan kerap dilakukan sebagian orang dalam rangka membersihkan organ bagian dalamnya. Namun sama seperti daging mentah, ikan mentah juga disarankan untuk tidak dicuci, loh!

Alih-alih mencuci ikan, disarankan untuk membeli ikan yang telah dikupas dan dibersihkan sisik serta organ dalamnya oleh penjual ikan.

Jangan lupa untuk mencuci tangan dan membersihkan permukaan wstafel & dapur untuk mencegah penyebaran bakteri.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Food Combining Daging yang Tinggi Gizi dan Menyehatkan

Jamur

Jamur kancing

Jamur merupakan bahan makanan selanjutnya yang tak boleh dicuci. Jamur basah yang telah dicuci memang tidak berbahaya, namun rasa dan teksturnya dapat berubah jika terlalu lama berada di dalam air.

Ini karena jamur menyerap air. Jadi agar jamur tak lembek, cuci dan langsung keringkan dengan tisu khusus makanan.

Baca Juga: Pasta Buatanmu Lengket? Ini 4 Cara Masak Pasta Agar Tak Saling Menempel

Pasta

Pasta memang tidak berisiko terkontaminasi bakteri jika dicuci. Namun pasta dapat lembek jika dicuci dengan air.

Selain itu, pasta yang dicuci dapat menghilangkan saripati yang mengandung gizi serta dapat membuatnya sulit menempel dengan saus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News