Keluarga

Hindari Kamar Mandi Bau dan Kotor, Begini Cara Membersihkannya

Hindari Kamar Mandi Bau dan Kotor, Begini Cara Membersihkannya

MOMSMONEY.ID - Jika Anda tak mau kuman dan bakteri penyebab bau menumpuk di kamar mandi, simak cara membersihkan kamar mandi di sini yuk!

Membersihkan kamar mandi mungkin cukup menyita waktu. Bahkan, sebagian orang mungkin merasa jorok jika harus membersihkan kamar mandi.

Tapi, sangat penting menjaga kebersihan kamar mandi supaya kuman dan bakteri tidak menyebar ke seluruh rumah Anda.

Baca Juga: Tiket F1 Powerboat Danau Toba 2023 & Layanan Penerbangan Batik Air ke Sumatera Utara  

Nah, saat membersihkan kamar mandi ada cara dan urutan yang perlu Anda lakukan. Supaya tak bingung, yuk, intip bagaimana cara dan urutannya.

Cara membersihkan kamar mandi, anti bau

1. Buat urutan yang tepat apa saja yang perlu dibersihkan terlebih dahulu

  • Pertama, bersihkan dahulu langit-langit di kamar mandi Anda. Biasanya langit-langit menjadi tempat laba-laba membuat sarangnya. Gunakan kemoceng untuk membersihkannya. 
  • Kemudian, Anda perlu membersihkan kepala shower Anda. Caranya rendam dengan cuka murni semalaman. Keesokan paginya, sikat dengan sedikit pasta gigi. 
  • Urutan ketiga untuk membersihkan kamar mandi adalah membersihkan cermin, wastafel, dan keran air. Bersihkan cermin dengan cairan pembersih kaca. Kemudian wastafel dan keran air. Caranya, buang rambut yang biasanya menyumbat di bagian wastafel. Kemudian, bersihkan debu dengan kain kering. Lalu gosok bagian yang bernoda dengan soda kue, setelah itu bilas. Bagian keran, cukup lap dengan kain yang sudah diberi cuka. 
  • Jika Anda memiliki meja dan kabinet, bersihkan dengan produk pembersih serba guna atau pembersih lantai. Sebelumnya singkirkan dulu seluruh barang yang ada pada meja dan kabinet. Setelah dibersihkan jangan lupa menggunakan gel silika untuk mencegah jamur cepat berkembang. 
  • Selanjutnya, bersihkan lantai dengan cuka dan air atau air dengan soda kue. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Fokus pada sela-sela lantai yang sering jadi tempat hidup kuman. 
  • Terakhir bersihkan toilet dan bathtub jika ada. Bersihkan toilet dengan produk pembersih yang biasa Anda gunakan kemudian beri disinfectant. Diamkan selama 20 menit dan gosok. Gunakan sikat gigi untuk bagian bawah toilet dan area lain yang sulit dijangkau. Bisa juga menggunakan tablet antasida dan satu botol coca-cola kemudian diamkan 10-15 menit lalu bilas. 
  • Jika Anda memiliki bathtub, isi dengan air panas kemudian beri soda kue. Jika noda membandel, Anda bisa menggunakan produk pembersih lantai dan bak mandi. Kemudian, sikat bagian yang bernoda kemudian buang air yang kotor. 

Baca Juga: 5 Daftar Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi jika Datang ke Kota Solo

2. Lakukan penjadwalan pembersihan kamar mandi

Anda bisa membersihkan kamar mandi mulai dari harian, mingguan bahkan tahunan. Jika Anda rajin membersihkan kamar mandi secara harian, maka saat harus membersihkan kamar mandi secara menyeluruh akan lebih mudah. 

Membersihkan kamar mandi secara harian dapat dilakukan dengan membuang barang-barang yang sudah tak Anda pakai lagi di atas meja kamar mandi. Kemudian, rutin membersihkan keran dan shower Anda. Selain itu, bersihkan juga saringan penyumbat di lantai Anda. 

Untuk membersihkan kamar mandi secara mingguan, lakukan di akhir pekan. Caranya, bersihkan debu yang ada di permukaan seluruh barang yang ada di kamar mandi.

Beri disinfektan dan bersihkan toilet Anda. Bersihkan juga wastafel dan keran Anda dan sudut-sudut ruangan.

Untuk membersihkan kamar mandi secara tahunan, Anda bisa membersihkan secara menyeluruh seperti langkah pertama di atas.

Demikian cara membersihkan kamar mandi supaya bebas bau dan kuman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News