HOME, Bugar

Hindari Diet Ekstrim yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Hindari Diet Ekstrim yang Berbahaya Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Memiliki tubuh langsing seperti model kerap menjadi dambaan kaum hawa. Tak heran, jika berbagai metode diet pun dilakukan untuk mewujudkannya. Bahkan sebagian orang sampai mencoba diet ekstrem. 

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan melakukan diet, bahkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa diet juga dapat mencegah tubuh dari ancaman berbagai penyakit serta dapat menjaga tubuh tetap sehat. 

Namun, beberapa diantaranya menjalani diet dengan tidak sesuai dengan prosedur normal seperti melakukan diet ekstrem dengan tidak mencukup kebutuhan gizi pada tubuh.

Walau memang diet ekstrem dapat menurunkan berat badan cukup drastis dengan waktu yang singkat, namun bukan berarti metode diet ekstrem baik untuk kamu lakukan.  

Agar diet Anda aman dan tidak menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari, sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis diet ekstriem di bawah ini. 

Baca Juga: 3 Gerakan Yoga yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

1. Diet kapas

Diet ini menganjurkan Anda untuk mencelupkan kapas ke dalam jus atau smoothie lalu memakannya. Hal ini dimaksudkan agar perut terasa kenyang dan mencegah rasa lapar. 

Akan tetapi, tak hanya mengandung bahan kimia seperti pemutih, bola kapas juga berisiko menyumbat saluran pencernaan. 

2. Diet sup kol

Meski terdengar menyehatkan, namun diet sup kol juga terbilang ekstrem. Sebab, Anda hanya bisa mengonsumsi sup kol yang dikombinasikan dengan makanan yang sangat terbatas.  

Meski mungkin dapat membantu menurunkan berat badan, namun Anda akan kehilangan nutrisi lain seperti lemak sehat dan karbohidrat.

Hal ini bisa berpengaruh pada metabolisme tubuh dan kemungkinan berat badan akan kembali dengan cepat saat Anda menghentikan diet. 

3. Diet 500 kalori

Diet ekstrim ini hanya memperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 500 kalori setiap hari. Cara ini tergolong ekstrim karena mengharuskan Anda untuk mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi setiap hari. 

Diet ekstrim semacam ini biasanya ditujukan untuk mereka yang sangat gemuk dan tidak mampu untuk menurunkan berat badan setelah mencoba berbagai jenis diet. Namun, diet ekstrim ini memerlukan pengawasan medis. 

4. Diet serba cair

Diet serba cair dilakukan hanya dengan mengonsumsi berbagai cairan seperti air putih, sirup maple, jus lemon, teh herbal, dan lainnya sebanyak 6-12 gelas selama 10 hari.

Diet yang dilakukan oleh Beyonce ini diklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat.  

Akan tetapi, tak hanya membuat Anda kekurangan nutrisi, selama beberapa hari melakukan diet serba cair akan membuat Anda juga menjadi lapar, lemas, dan mudah kesal.

Baca Juga: Sebelum Mengonsumsinya, Kenali Risiko Kopi Hijau untuk Kesehatan

Akan lebih baik, jika Anda melakukan diet yang aman-aman saja dan diperbolehkan oleh dokter gizi. Jangan sampai berat badan berhasil turun, namun kesehatan juga ikut menurun.

Anda dapat berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi untuk menentukan menu diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Selanjutnya: Jenis-Jenis dan Manfaat Vitamin B yang Diperlukan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News