HOME, AturUang

Hindari Berbisnis dengan Uang Pensiun

Hindari Berbisnis dengan Uang Pensiun

MOMSMONEY.ID -  Tak sedikit pensiunan yang menggunakan uang pensiun mereka untuk modal bisnis. Nah, kalau sudah begini, mesti waspada. Jangan sampai bisnis merugi, uang pensiun pun pergi.

Widya Yuliarti, Perencana Keuangan komunitas Menyala menilai punya usaha saat masa pensiun boleh-boleh saja dilakukan. Namun, pensiunan harus ingat bahwa bisnis yang baru dirintis tidak bisa menghasilkan profit yang langsung besar.

Baca Juga: Pensiunan Harus Punya Asuransi Kesehatan agar Hidup Tenang

Apalagi jika mereka memulai bisnisnya tanpa memiliki dana darurat. Bisa-bisa uang yang dimiliki habis begitu saja sebelum menerima keuntungan.

Aidil Akbar Majid, perencana keuangan senior pun berpandangan sama. Banyak orang yang tepat ketika akan pensiun ditawari bisnis macam-macam. Misalnya bisnis tanah untuk ditanami sawit, palawija, dan masih banyak bisnis yang dianggap menggiurkan. Padahal, berbisnis itu idealnya dimulai ketika masih usia produktif.

"Paling tidak, kita memulai bisnis lima tahun sebelum pensiun. Itu pun sebenarnya belum bisa sepenuhnya bertahan," kata Aidil.

Faktanya membangun bisnis sebelum usia pensiun juga tidak mudah. Bahkan, kebanyakan orang harus berganti-ganti bisnis agar mendapatkan peluang untuk bertahan lama.     

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Mulai Terkoreksi Tipis, Selasa (31/8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News