HOME, Bugar

Hindari Begadang! Ini Dia 4 Manfaat Tidur Cukup untuk Kecantikan Kulit

Hindari Begadang! Ini Dia 4 Manfaat Tidur Cukup untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Tidur adalah aktivitas tubuh untuk beristirahat setelah seharian bekerja. Selain memberikan manfaat baik bagi kesehatan, tidur juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit. Wajar saja jika Anda sering begadang, maka kondisi kulit akan menjadi kusam dan munculnya kantung mata.

Mulai atur jadwal tidur Anda agar bisa mendapatkan tidur yang cukup. Untuk lebih memahami pentingnya tidur, simak penjelasan tentang manfaat tidur untuk kecantikan kulit dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Membuat Kulit Glowing

Manfaat tidur cukup untuk kecantikan kulit pertama yaitu kulit menjadi glowing. Selain kolagen, saat tidur tubuh juga mengeluarkan hormon melatonin. Hormon ini berperan dalam mengatur waktu tidur Anda. Pada siang hari, hanya sedikit kadar melatonin yang dihasilkan agar Anda tetap terjaga.

Namun pada malam hari, melatonin akan dihasilkan lebih banyak untuk membantu Anda tidur dan juga membuat tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu, hormon melatonin yang membantu kulit Anda jadi lebih glowing. Hormon ini juga bertindak sebagai antioksidan, sehingga dapat memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk kulit. Sehingga, kulit Anda tetap terjaga kesehatannya.

2. Mengurangi Kantung Mata

Manfaat tidur cukup untuk kecantikan selanjutnya adalah mengurangi kantung mata. Tidur yang cukup dan berkualitas akan melancarkan sirkulasi darah pada kulit wajah, yang dapat mengurangi mata bengkak.

Peredaran darah yang tidak lancar di area mata diketahui merupakan salah satu penyebab dari mata panda. Selain kantung mata, kurang tidur juga memberikan efek buruk pada kulit Anda seperti kulit kusam, kering dan muncul garis-garis halus di area sekitar mata. 

Baca Juga: Pahami 4 Penyebab Jerawat Muncul Kembali di Tempat yang Sama

3. Mengurangi Garis Halus pada Wajah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidur cukup juga bisa mengurangi garis halus pada wajah. Saat tidur, aliran darah pada kulit akan meningkat yang merangsang pembentukan kolagen kulit. Meningkatnya kolagen kulit akan membantu untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV, mengurangi garis-garis halus dan flek hitam penuaan pada wajah Anda. 

4. Pemakaian Skincare Lebih Efektif

Manfaat tidur cukup untuk kecantikan kulit lainnya adalah pemakaian skincare jadi lebih efektif. Kulit dapat lebih fokus untuk beregenerasi dan memperbaiki sel-selnya saat Anda tidur, karena tidak sedang mempertahankan diri dari sinar UV dan radikal bebas. 

Aliran darah juga jadi lebih lancar, yang membantu kulit Anda jadi lebih mudah menyerap kandungan-kandungan dari skincare yang digunakan. Inilah yang menjadi alasan pemakaian produk anti aging digunakan di malam hari, selain untuk menghindari sinar UV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News