Keluarga

Hindari Bau Apek, Ikuti 7 Tips Bikin Jemuran Basah Jadi Cepat Kering

Hindari Bau Apek, Ikuti 7 Tips Bikin Jemuran Basah Jadi Cepat Kering

MOMSMONEY.ID - Musim hujan yang tak berhenti beberapa minggu terakhir membuat jemuran jadi susah kering. Nah, MomsMoney menawarkan beberapa tips efektif bikin jemuran basah jadi cepat kering.

Maklum, jemuran basah menjadi berbau apek karena berada dalam kondisi lembap dan basah. 

Tips cepat keringkan jemuran basah sangat dibutuhkan bagi sebagian orang, terutama para ibu rumah tangga yang punya cucian menumpuk.

Sebab, sangat menjengkelkan apabila jemuran tak kering saat itu juga karena akan menimbulkan bau apek.

Untuk mencegah bau apek karena jemuran masih basah, mari simak berbagai tips cepat keringkan jemuran, yang dirangkum dari laman American Two Shots dan Hello Laundry, berikut ini.

Baca Juga: Promo Pizza Hut Terbaru 2023, Menu Baru Limo Pizza Cruncheeze 1 Meter Bertabur Keju

Peras tetesan air

Saat akan menjemur pakaian, kita biasa memeras airnya terlebih dahulu sebelum dijemur. Sayangnya, terkadang air perasan masih sangat banyak dan berjatuhan ke bawah.

Tips cepat keringkan jemuran basah adalah dengan memerasnya dua kali. Pertama, saat jemuran akan digantung. Kedua, saat jemuran telah digantung.

Dengan begitu, akan banyak tetesan air pada pakaian yang terbuang dan membuat jemuran cepat kering.

Baca Juga: Promo McD Terbatas Maret 2023, Fruit Tea McFlurry hingga Mario Bros mulai Rp 16.500

Kontrol kelembapan

Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah

Saat cuaca sedang hujan, sulit menjemur pakaian di luar ruangan. Alhasil, menjemur pakaian di dalam ruangan menjadi satu-satunya opsi yang bisa dilakukan, daripada memaksakan pakaian menjadi basah.

Tips cepat keringkan jemuran basah di dalam ruangan bisa dengan mengontrol kelembapan dalam ruangan. Semakin tinggi tingkat kelembapan dalam ruangan, semakin sulit jemuran kering, begitupun sebaliknya.

Maka dari itu, jagalah ruanganmu pada tingkat kelembapan rendah agar jemuran cepat kering. Coba gunakan air purifier bag atau salt bag agar kelembapan dalam ruangan terkontrol baik.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Pakai hairdryer

Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah

Gunakan hairdryer sebagai salah satu tips cepat keringkan jemuran basah.

Coba atur hairdryer ke tingkat panas paling tinggi, lalu panaskan jemuran basah di area-area tertentu secara bertahap agar panas merata. Jangan lupa balikkan jemuran basah dan panaskan kembali hingga benar-benar kering.

Baca Juga: 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Mencuci Pakaian di Mesin Cuci

Setrika

Tips cepat keringkan jemuran basah bisa dengan menyetrikanya. Namun sebelum melakukan tips ini, coba periksa dulu bahan pakaian yang akan Anda setrika.

Soalnya, ada jenis-jenis kain tertentu yang sifatnya sangat halus dan dapat rusak saat terkena panas langsung dari setrika.

Pertama, letakkan pakaian di papan setrika. Selanjutnya, atur setrika ke suhu rendah. Gerakkan setrika di sekitar pakaian sambil menekannya dengan lembut. Balik pakaian untuk memastikan area tersebut telah kering.

Barulah setel setrika pada suhu tinggi jika air pada jemuran basah telah menguap. Cara ini akan membuat jemuran jadi kering tanpa perlu merusak setrika ataupun kualitas kain.

Baca Juga: Gunakan Baking Soda untuk Membersihkan Benda Ini, Dijamin Manjur!

Pakai mesin pengering pakaian

Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah

Jika Moms punya mesin pengering pakaian, jangan ragu untuk menggunakannya.

Tips cepat keringkan jemuran basah saat musim hujan bisa dilakukan menggunakan mesin pengering sebanyak 2-3 kali. Ini membuat pakaian jadi lebih cepat kering sehingga saat pakaian diletakkan dalam gantungan, tak ada lagi air-air yang menetes.

Baca Juga: 3 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Deterjen, Bikin Pakaian Kurang Bersih!

Kipas angin

Tips cepat keringkan jemuran basah adalah dengan menggantungnya dalam dudukan jemuran, lalu letakkan di dekat kipas angin. Biarkan pakaian mengering dengan sendirinya.

Untuk mempercepat jemuran kering, coba letakkan sebungkus garam atau setumpuk koran bekas untuk disimpan ke sudut ruangan. Ini berfungsi untuk menyerap kelembapan di dalam ruangan.

Pakai pewangi

Jemuran basah yang tak kering akan berbau apek, sebab jemuran jadi lembap berlebihan. Untuk meminimalisir bau apek, semprotkan pewangi ke seluruh bagian pakaian, lalu keringkan dengan hairdryer ataupun setrika.

Itulah sederet tips cepat keringkan jemuran basah saat musim hujan tiba yang bisa Anda ikuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News