HOME, Keluarga

Hindari 6 Kebiasaan Skincare Ini Jika Tidak Ingin Kulit Anda Bermasalah

Hindari 6 Kebiasaan Skincare Ini Jika Tidak Ingin Kulit Anda Bermasalah

MOMSMONEY.ID - Pada zaman sekarang, banyak orang rela merogoh kocek lebih untuk membeli beragam produk skincare. Tujuannya tentu tidak lain dan tidak bukan untuk meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit wajah.

Kendati demikian, tidak sedikit orang yang tanpa sadar melakukan kesalahan dalam rutinitas skincare mereka. Akibatnya, bukan hasil bagus yang akan kulit dapatkan melainkan kerugian.

Pastinya, Anda tidak mau, kan, upaya perawatan yang dilakukan justru berujung sia-sia dan merusak kulit?

Nah, supaya rutinitas skincare Anda maksimal dan membuahkan hasil, yuk hindari 6 kesalahan yang sering terjadi dalam rutinitas skincare sebagaimana dilansir dari The Resurge Clinic berikut ini!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Masker Vitamin C untuk Cerahkan Kulit Kusam Anda

1. Menggunakan skincare yang tidak sesuai umur

Kulit yang lebih muda cenderung lebih berminyak daripada kulit yang telah menua. Oleh sebab itu, kulit orang-orang yang sudah berumur akan menjadi lebih tipis dan kering akibat produksi minyak yang terus berkurang seiring bertambahnya usia mereka.

Untuk mengatasinya, penting bagi orang berumur 40 tahun ke atas untuk melakukan rutinitas skincare khusus supaya kulit tetap terlihat awet muda.

Meskipun begitu, tidak sedikit dijumpai anak-anak muda yang menggunakan produk skincare dengan embel-embel anti-aging padahal mereka belum memerlukannya.

Faktanya, skincare anti-aging memiliki formula keras yang berisiko merusak kulit muda mereka. Sebaliknya, orang berumur yang menggunakan skincare remaja tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan mengingat skincare remaja memiliki formula yang tidak bisa memenuhi kebutuhan kulit mereka.

2. Produk skincare tidak sesuai jenis kulit

Menggunakan produk skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit berisiko memperjelas tampilan kerutan dan noda yang ada pada wajah Anda.

Apabila Anda menggunakan produk khusus kulit berminyak padahal kulit Anda kering, maka minyak alami pada wajah Anda akan berkurang. Jika itu terjadi, wajah Anda akan rentan terhadap penuaan dini akibat kurang kelembaban.

Sebaliknya, kulit berminyak yang menggunakan skincare khusus kulit kering berisiko mengalami kelebihan minyak pada wajahnya karena skincare tersebut umumnya tidak memiliki formula menahan minyak.

3. Eksfoliasi berlebihan

Eksfoliasi berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah yang telah menumpuk dari waktu ke waktu. Ketika sel kulit mati yang kasar dan kusam disingkirkan, sel-sel kulit baru pun akan beregenerasi dan meningkatkan penampilan wajah.

Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan eksfoliasi secara berlebihan. Akibatnya, kulit akan mudah rusak dan kemampuannya untuk melawan racun lingkungan akan menurun.

Selain itu, risiko kerutan dini akibat paparan sinar matahari pun akan meningkat. Pastikan untuk melakukan eksfoliasi secara cukup setidaknya 2-3 kali dalam seminggu, jangan melebihi itu.

4. Malas pakai sunscreen

Pemicu umum penuaan dini adalah paparan sinar matahari dan sinar UV berlebihan. Bahkan, paparan sinar matahari memberikan pengaruh sebanyak 90% atas terjadinya penuaan dini dan melambatnya proses penyembuhan alami kulit.

Sinar UV dari matahari bukan hanya bisa Anda dapatkan ketika berjemur, melainkan juga ketika mengemudi, duduk di dekat jendela, atau beraktivitas outdoor saat cuaca mendung. Supaya kulit Anda terhindar dari keriput, maka tidak boleh malas menggunakan sunscreen sepanjang hari meski cuaca sedang tidak cerah atau Anda hanya berdiam di dalam ruangan.

5. Tidak menggunakan pelembab setelah cuci muka

Walaupun facial wash Anda memiliki klaim melembabkan, namun Anda tetap tidak boleh melupakan pelembab seberes cuci muka.

Disarankan bagi Anda untuk segera mengaplikasikan pelembab dalam 1 menit pertama usai membersihkan wajah Anda.

Melewatkan penggunaan pelembab setelah cuci muka akan membuat kulit Anda kering dan berpeluang lebih besar untuk mengalami penuaan dini.

6. Tidak membersihkan kulit di bawah jenggot

Bagi para pria, memiliki jenggot merupakan sebuah kecintaan tersendiri. Maka tak heran jika banyak pria terlalu membanggakan penampilan jenggotnya tanpa mau memerhatikan kulit yang ada di bawah jenggot.

Padahal, jenggot bukanlah pelindung kulit dan kulit di bawah jenggot tetap harus dirawat sama baiknya dengan kulit yang tidak tertutupi jenggot.

Supaya kulit terawat menyeluruh, sangat dianjurkan bagi para pemilik jenggot untuk menjangkau kulit di bawah jenggot ketika mencuci muka.

Selain itu, menggunakan minyak sebelum mencukur jenggot juga patut untuk diterapkan guna melembabkan dan melindungi kulit dari tajamnya pisau cukur.

Itulah 6 kesalahan umum dalam rutinitas skincare yang hanya akan merugikan kulit Anda jika terus dibiasakan. Apakah salah satu di antaranya masih Anda lakukan sampai saat ini? Jika masih, yuk perbaiki sekarang juga!

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Kertas Minyak Wajah, Usir Minyak Membandel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News