Keluarga

Hindari 6 Kebiasaan Makan Ini untuk Mencegah Rambut Semakin Rontok, Apa Saja?

Hindari 6 Kebiasaan Makan Ini untuk Mencegah Rambut Semakin Rontok, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Moms, yuk hindari 6 kebiasaan makan ini untuk mencegah rambut semakin rontok.

Genetika memang memainkan peran penting dalam kesehatan rambut. Namun, jangan sampai Anda lupa bahwa permasalahan rambut seperti kerontokan dapat menyerang kapan saja jika Anda tidak mampu menjaga kebiasaan makan dengan baik.

Alih-alih semakin sehat dan lebat, kerontokan rambut justru dapat menjadi semakin parah apabila Anda membiarkan tubuh Anda kekurangan atau kelebihan nutrisi tertentu akibat kebiasaan makan yang buruk.

Melansir laman Manipal Hospitals, ada 6 kebiasaan makan yang harus dihindari untuk mencegah rambut semakin rontok. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Momen yang Tepat untuk Mengganti Foundation dengan BB Cream

1. Mengonsumsi makanan tinggi merkuri

Tingkat merkuri yang tinggi telah dikaitkan dengan kerontokan rambut. Dan, salah satu sumber merkuri yang paling umum dikonsumsi adalah ikan.

Beberapa ikan yang sangat kaya akan merkuri dan perlu dihindari adalah makerel, todak, dan tuna tertentu.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi udang, salmon, dan light tuna karena kandungan merkurinya jauh lebih rendah.

2. Mengonsumsi makanan kaya akan gula olahan

Gula olahan memiliki banyak efek buruk bagi tubuh termasuk menurunkan kualitas rambut dan kuku.

Saat tubuh menerima asupan gula yang tinggi, itu akan menyebabkan peningkatan glukosa darah dan mengharuskan tubuh untuk memproduksi lebih banyak insulin.

Jika tidak segera dibatasi, asupan gula yang tinggi dalam tubuh akan menyebabkan peningkatan androgen atau hormon seks pria yang bisa mengakibatkan penyusutan folikel rambut dan kebotakan dini.

3. Diet rendah protein

Bahan dasar penyusun rambut adalah protein yang disebut keratin. Jika asupan protein tersebut tidak tercukupi, itu artinya Anda akan berisiko lebih tinggi mengalami kerontokan rambut.

Untuk menghindarinya, pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, bayam, kacang-kacangan, dan tahu.

Baca Juga: Penyuka K-Pop Jangan Sampai Ketinggalan, Ini Daftar Konser K-Pop di Indonesia 2023

4. Mengonsumsi makanan tinggi glikemik

Makanan tinggi glikemik mudah terurai menjadi gula. Itulah sebabnya makanan ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Kebiasaan makan makanan tinggi glikemik akan meningkatkan konsumsi gula yang pada gilirannya akan meningkatkan insulin dan androgen dalam tubuh yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Beberapa contoh makanan tinggi glikemik antara lain pasta, roti putih, dan pancake.

5. Diet minim kalsium

Kalsium merupakan kebutuhan penting untuk rambut yang sehat dan berkilau. Saat Anda kekurangan kalsium, itu dapat memberikan efek yang buruk pada rambut dan kuku Anda.

Sebagai solusi, hentikan diet minim kalsium dan mulai konsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, keju, dan produk susu lainnya.

6. Mengonsumsi makanan rendah zinc dan zat besi

Zinc dan zat besi juga memfasilitasi kesehatan rambut sehingga perlu dimasukkan ke dalam diet Anda. Zinc dan zat besi telah terbukti mampu membantu pembentukan keratin yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Supaya rambut Anda senantiasa indah dan lebat, sangat disarankan bagi Anda untuk rajin makan seafood dan daging merah.

Untuk Anda yang vegetarian, Anda bisa mendapatkan manfaat zinc dan zat besi dengan rutin mengonsumsi kacang-kacangan.

Itulah 6 kebiasaan makan yang harus dihindari untuk mencegah rambut semakin rontok. Selain menjaga pola makan tetap baik, jangan lupa juga untuk meningkatkan kesehatan fisik Anda secara keseluruhan dengan olahraga secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News