Bugar

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini, Bikin Kulit Anda Jadi Rusak!

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini, Bikin Kulit Anda Jadi Rusak!

MOMSMONEY.ID - Agar perawatan skincare bisa bekerja maksimal, Anda juga harus tahu beberapa kebiasaan buruk yang bisa bikin kulit jadi rusak. 

Sadar atau tidak, kebiasaan ini memberikan efek buruk pada kulit bahkan ke seluruh tubuh Anda.

Oleh karena itu, mulai cegah kebiasaan buruk dari sekarang dengan mengetahui kebiasaan buruk sehari-hari yang paling sering dilakukan seseorang. 

Melansir dari farmaninaclinic.com, berikut enam kebiasaan buruk yang bikin kulit jadi rusak, yaitu: 

Baca Juga: Cegah Jerawat, Simak 5 Manfaat Minum Air Putih Hangat untuk Kecantikan

1. Begadang

Kebiasaan buruk pertama pada kulit adalah sering begadang. Begadang membuat kinerja organ tubuh lebih ekstra dan tentunya akan mengurangi jam istirahat Anda.

Hindari keseringan begadang meskipun Anda sedang dikejar tugas, pekerjaan, atau memikirkan masalah lainnya. Apabila begadang dilakukan terus menerus, maka sel-sel kulit mati akan sulit diganti tubuh karena tidak berfungsi.

2. Tidak pernah olahraga

Olahraga ternyata memberikan dampak positif untuk tubuh. Sebaliknya, gaya hidup tidak pernah menjalani olahraga harus dihindari karena bikin lemak dan kolesterol pada tubuh semakin menumpuk.

Kebiasaan hidup buruk jarang berolahraga bisa menimbulkan penyakit mengerikan seperti jantung. Mulailah aktif bergerak supaya kalori tubuh terbakar, kadar kolesterol terjaga, dan pastinya bisa menjaga kesehatan fisik maupun mental.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Kenali 4 Masalah Haid yang Harus Diwaspadai

3. Pola makan tidak sehat

Kebiasaan buruk pada kulit selanjutnya adalah pola makan tidak sehat. Selain bisa menimbulkan penyakit pada tubuh, pola makan yang buruk akan berdampak pula pada kesehatan kulit. 

Hindari mengonsumsi makanan dengan tinggi kolestrol dan lemak, lalu juga makanan dengan terlalu sering atau tidak teratur.

Lalu, kurangi makan cemilan di tengah-tengah malam hari supaya organ tubuh untuk mencerna beristirahat dan tidak memiliki kinerja berlebihan.

4. Merokok

Pastinya sudah banyak yang tahu bahwa rokok memberikan efek buruk pada kulit. Aktivitas merokok menjadi salah satu gaya hidup tidak sehat dan harus dihindari karena dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Ada banyak masalah kesehatan timbul dari merokok seperti kanker, asma, jantung, dan lain-lain.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Frankincense Oil untuk Wajah, Kurangi Bekas Jerawat!

5. Over konsumsi gadget

Kebiasaan buruk berikutnya adalah over konsumsi gadget. Kecanduan menggunakan teknologi terbaru, seperti gadget dan PC, kini harus dihindari meskipun banyak memudahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menggunakan gadget secara berlebihan, tentu dampaknya bisa bikin kulit rusak.

Apalagi, jika gadget dalam keadaan kondisi panas tetap kamu paksa untuk digunakan. Akan ada radiasi yang bikin sel-sel kulit mengalami kerusakan tanpa disadari oleh pengguna HP pada umumnya.

6. Kecanduan obat

Kebiasaan buruk pada kulit lainnya adalah kecanduan obat-obatan. Hindari mengonsumsi obat-obatan yang tidak diperlukan saat tubuh sehat seperti pereda nyeri karena berdampak buruk dalam jangka panjang.

Sekarang Anda sudah mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang bisa berakibat buruk pada kondisi kulit. Rawat kesehatan kulit dari luar dan dalam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News