HOME, Bugar

Hindari 5 Makanan Ini yang Bisa Menyebabkan Bau Badan

Hindari 5 Makanan Ini yang Bisa Menyebabkan Bau Badan

MOMSMONEY.ID - Bau badan menjadi masalah yang memang harus diselesaikan. Tentu, hal ini bisa membuat Anda minder dan tidak nyaman sepanjang hari. Apalagi, ketika Anda harus bertemu atau berdekatan dengan orang lain.  

Bisa jadi, bau badan yang tak sedap ini disebabkan karena makanan yang Anda konsumsi selama ini. Makanan bisa menjadi alasan mengapa badan berbau kurang sedap.  

Beberapa makanan penyebab bau badan, sebenarnya sering dikonsumsi sehari-hari, tapi kebanyakan orang tidak mengetahui dampak yang bisa ditimbulkannya pada aroma tubuh. 

Hal ini terjadi ketika makanan penyebab bau badan tersebut memengaruhi aroma keringat setelah dicerna di dalam tubuh. 

Berikut penjelasan tentang makanan penyebab bau badan yang harus Anda hindari.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini, Ampuh Sembuhkan Jerawat Meradang

1. Bawang-Bawangan

Hal ini disebabkan karena bawang memiliki zat yang disebut dengan allicin. Zat ini secara ilmiah memang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, sayangnya zat ini justru memengaruhi aroma keringat Anda. 

2. Daging merah

Meskipun enak dan lezat, ternyata terlalu banyak makan daging merah bisa membuat badan Anda mengeluarkan bau kurang sedap. 

3. Makanan pedas

Lagi-lagi, makanan pedas memiliki kandungan kimia yang dapat masuk ke pembuluh darah, dan kemudian memengaruhi napas dan keringat. 

Apalagi biasanya setelah mengonsumsi makanan pedas, tubuh Anda akan berkeringat. 

Baca Juga: 5 Manfaat Nasi Merah yang Sudah Terbukti Secara Klinis

4. Ikan

Walau memberikan banyak manfaat bagi kesehatan berkat kandungan lemak omega 3, ikan ternyata dapat membuat bau badan Anda menjadi tidak sedap. 

Ikan menjadi makanan penyebab bau badan karena kandungan kolin yang ada di dalamnya. Beraroma amis dan menyengat, mengonsumsi makanan yang mengandung kolin dapat memperburuk bau badan. 

5. Alkohol

Beberapa bukti menunjukkan bahwa peminum alkohol mempunyai lebih banyak bakteri jahat dalam mulut mereka dibanding yang tidak mengonsumsinya.  

Karena itu, semakin banyak Anda minum, semakin banyak pula asetat yang diproduksi oleh tubuh. Mempunyai aroma yang tak sedap, keringat hasil sekresi asetat menyebabkan badan juga menjadi bau.  

Dari daftar makanan penyebab bau badan ini boleh dikonsumsi, namun jangan berlebihan ya.

Selanjutnya: Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Dikonsumsi saat Diet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News