HOME, Keluarga

Hindari 5 Kebiasaan Ini bila Tak Ingin Mata Anda Terlihat Tua

Hindari 5 Kebiasaan Ini bila Tak Ingin Mata Anda Terlihat Tua

MOMSMONEY.ID - Kurang tidur dan kebiasaan menyipitkan mata ketika tersenyum merupakan pemicu umum munculnya kerutan, lingkaran hitam, dan bengkak di bawah mata. Ketika mata Anda dihiasi ketiga permasalahan tersebut, maka tak heran jika kesan tua melekat kuat pada wajah Anda.

Namun, kurang tidur dan kebiasaan menyipitkan mata bukanlah satu-satunya penyebab mata terlihat tua. Ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang tanpa disadari dan menyebabkan penampilan mata mereka jauh lebih tua dari seharusnya.

Sebagai bahan introspeksi Anda, berikut 5 kebiasaan yang dapat menyebabkan mata terlihat tua sebagaimana dilansir dari Dermstore. Yuk, simak!

Baca Juga: 5 Tips Makeup yang Patut Dicoba untuk Membuat Wajah Terlihat Lebih Muda

1. Menggosok area mata

Menghapus makeup mata sebelum tidur memang sangat disarankan. Namun, ada beberapa produk eye makeup berformula waterproof seperti eyeshadow dan mascara yang amat sulit dihilangkan sehingga memaksa seseorang untuk menggosoknya dengan keras hingga bersih.

Padahal, menghapus riasan mata dengan menggosok-gosoknya secara kuat dapat menarik dan merusak kulit halus di bawah mata yang dapat menyebabkan kerusakan kapiler dan lingkaran hitam.

Daripada penampilan mata Anda memburuk dan menua, pastikan untuk tidak menggosoknya. Gunakanlah cleanser berbasis minyak untuk melelehkan makeup mata yang sulit dihapus.

2. Tidak menggunakan eye cream

Eye cream adalah salah satu komponen terpenting dari perawatan anti-aging terutama bagi Anda yang sudah memasuki usia dewasa. Kendati demikian, masih banyak orang yang mengabaikan kekuatan dari produk skincare yang satu ini.

Dengan tidak menggunakan eye cream, maka kulit di sekitar mata pun akan menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami kerusakan. Pasalnya, kulit di sekitar mata merupakan bagian kulit tertipis yang mana tanda-tanda penuaan pertama juga muncul di area ini.

3. Mengaplikasikan eye cream dengan cara yang salah

Memasukkan eye cream ke dalam rutinitas skincare merupakan keputusan yang baik. Namun, alih-alih mendapatkan manfaatnya, penampilan mata justru akan tampak lebih tua apabila Anda tidak mengaplikasikannya dengan benar. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan eye cream yang disarankan?

Setelah mencuci muka, mengoleskan serum, dan mengaplikasikan pelembab, ambilah eye cream seukuran kacang polong dengan jari manis kemudian totol-totolkan di bawah dan di sekitar mata serta tulang alis.

Untuk meratakannya, jangan pernah menariknya. Sebagai gantinya, tepuk-tepuk lembut eye cream dari sudut dalam mata ke sudut luar hingga eye cream terserap oleh kulit.

Tunggu selama beberapa menit hingga eye cream menyerap sempurna sebelum menggunakan sunscreen atau makeup.

4. Tidak mengaplikasikan concealer dengan tepat

Concealer menjadi salah satu produk makeup andalan untuk menutupi bekas jerawat maupun noda hitam pada wajah. Produk ini juga banyak digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Faktanya, menggunakan concealer di bawah mata berisiko memperburuk penampilan mata dan menjadikannya terlihat lebih tua. Karena, mengaplikasikan concealer di area ini berisiko menyebabkan cakey dan memperjelas garis-garis halus.

Supaya kejadian ini dapat dicegah, pastikan untuk meratakan area mata yang sudah dipakaikan alas bedak dengan cara di-tap-tap menggunakan spons terlebih dahulu sebelum diaplikasikan concealer.

5. Makan makanan tidak sehat

Selain produk skincare dan makeup, gaya hidup sehat juga penting untuk menjadi pertahanan terbaik untuk melawan penuaan mata. Sebagai permulaan gaya hidup sehat, pastikan untuk rajin mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang diperlukan untuk menciptakan kulit yang lebih cerah dan tampak lebih muda di sekitar mata.

Untuk mendorong produksi kolagen dan pertumbuhan sel baru, makanan tinggi vitamin K sangat disarankan untuk dikonsumsi. Untuk mencerahkan kulit dan mencegah kerusakan kulit lebih lanjut, vitamin C menjadi pilihan yang bagus.

Sementara untuk meningkatkan produksi asam lemak yang berguna untuk membantu kulit mempertahankan elastisitasnya, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin B.

Selanjutnya: Tidak Disangka, 5 Makanan Ini Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan Kulit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News