Bugar

Hindari 4 Bahan Skincare Berbahaya Ini yang Bisa Memperburuk Kesehatan Kulit

Hindari 4 Bahan Skincare Berbahaya Ini yang Bisa Memperburuk Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Pentingnya untuk mencari dahulu bahan-bahan yang ada di dalam produk skincare. Cara termudahnya dengan melihat apakah produk sudah memiliki izin edar dari BPOM. Hal ini supaya bahan skincare yang berbahaya bisa dihindari dan tidak sampai Anda gunakan.

Untuk menambah informasi mengenai bahan skincare, berikut empat bahan skincare berbahaya yang perlu Anda hindari dikutip dari herworld.co.id, yaitu: 

1. Paraben

Paraben sudah sering didengar sebagai bahan skincare yang berbahaya buat kulit. Bahan ini bisa dijual dengan harga murah dan mudah didapatkan. Parabe digunakan agar produk skincare tidak cepat expired dan menghindari penumpukan bakteri.

Paraben bekerja dengan cara menangkal pertumbuhan bakteri, jamur, dan mikroorganisme lain di dalam produk perawatan kulit, terutama dalam kondisi lembap dan panas.

Ada kekhawatiran bahwa paraben ditemukan dalam kanker payudara, namun sebenarnya tidak ada bukti kuat yang menyatakan bahwa kandungan ini penyebab kanker. 

2. Pewarna Sintetis

Bahan skincare berbahaya selanjutnya untuk kulit, yaitu pewarna sintesis. Bahan ini biasanya terbuat dari petroleum atau coal tar, sedangkan coal tar sendiri terbuat dari hidrokarbon, karbon, dan air. Biasanya kandungan ini terdapat pada lipstik yang sangat pigmented dan memiliki warna yang deep. Kemudian, kandungan coal tar sendiri bisa menyebabkan iritasi, kanker, jerawat, dan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder).

Baca Juga: Promo dan Diskon Traveloka 8.8 Hotel & Holiday Stays hingga Rp 800.000 Pakai Paylater

3. Triclosan

Berikutnya, triclosan termasuk bahan skincare berbahaya untuk kesehatan kulit. Bahan ini sering ditemukan dalam sabun, deterjen, dan produk perawatan kulit. Namun ternyatanya, kandungan triclosan dapat memicu alergi di kulit dan menyebabkan iritasi pada mata. Bahayanya lagi, bahan ini juga bisa mengganggu aktivitas hormon di tubuh Anda, terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

4. Oxybenzone

Bahan skincare berbahaya lainnya untuk kulit adalah oxybenzone. Biasanya, bahan ini dimanfaatkan untuk menstabilkan warna dan aroma sebuah produk kecantikan, tetapi oxybenzone paling sering digunakan di tabir surya, untuk menyerap sinar UVB dan UVA.

Selain bisa memicu alergi parah di kulit, oxybenzone juga dikenal dapat menimbulkan kemerahan dan iritasi. Parahnya lagi jika digunakan dalam kurun waktu lama, kandungan oxybenzone dapat diserap tubuh secara mudah, dan apabila menumpuk, bisa menyebabkan gangguan hormon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News