HOME, Bugar

Hilangkan Stres, Inilah 4 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

Hilangkan Stres, Inilah 4 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

MOMSMONEY.ID - Agar stres yang Anda rasakan tidak berkepanjangan dan Anda pun lebih bahagia, ada berbagai cara menghilangkan stres yang dapat dilakukan.

Hal ini penting untuk diketahui sebab bila dibiarkan berlarut-larut, stres tidak hanya mengganggu kualitas hidup, tetapi juga memicu berbagai masalah kesehatan yang mungkin akan terjadi.

Dirangkum dari Women Health, berikut ini adalah beragam cara menghilangkan stres dengan cara menenangkan hati dan pikiran, antara lain: 

Baca Juga: Sudah Ada di Indonesia, Waspadai Omicron BA.4 dan BA.5

1. Mendengarkan musik favorit

Cara menghilangkan stres yang pertama adalah dengan mendengarkan musik favorit. Mendengarkan musik ternyata dapat membantu mengendalikan stres dan kecemasan. 

Musik bisa menenangkan sistem saraf dan menurunkan kadar kortisol, yang keduanya dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

2. Ambil jeda dari sumber masalah

Cara menghilangkan stres yang kedua adalah mengambil jeda dari sumber masalah. Jika yang membuat Anda stres adalah pekerjaan, cobalah berhenti sejenak dan lakukan aktivitas lain.

Ini akan membantu menyegarkan pikiran, sehingga ketika kembali bekerja Anda bisa lebih fresh. 

3. Olahraga

Cara menghilangkan stres yang ketiga adalah olahraga. Olahraga adalah cara efektif lainnya untuk menenangkan hati dan pikiran. Aktivitas fisik dapat membantu menjaga kesehatan mental. 

Olahraga juga bisa membuat Anda terhubung dengan orang-orang lainnya sehingga sedikit banyak bisa memberikan perspektif baru dalam memandang persoalan.

Baca Juga: Bibir Mudah Kering? Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

4. Melakukan teknik relaksasi

Cara menghilangkan stres yang keempat adalah melakukan relaksasi. Ketika dilanda stres, Anda juga bisa mencoba melakukan teknik relaksasi, misalnya yoga atau meditasi.

Banyak riset yang membuktikan bahwa yoga dan meditasi bisa meringankan kecemasan dan gejala depresi, meningkatkan suasana hati, serta melawan pikiran negatif.

5. Beristirahat yang cukup

Cara menghilangkan stres yang kelima adalah beristirahat dengan cukup. Bagi sebagian orang, stres mungkin bisa menyebabkan kurang tidur atau tidur kurang nyenyak.

Stres dan kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit kardiovaskular, depresi, dan obesitas.

Stres yang berkepanjangan bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Bahkan jika sudah berkelanjutan akan menyerang fisik.

Bila cara menghilangkan stres di atas tidak efektif dan justru memburuk hingga menunjukkan gejala gangguan mental tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News