Bugar

Hidung Sering Tersumbat? Ini 5 Cara Efektif Mengatasinya

Hidung Sering Tersumbat? Ini 5 Cara Efektif Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Hidung tersumbat merupakan masalah yang terjadi akibat adanya iritasi dan pembengkakan di dalam hidung.

Tak hanya tersumbat, hidung juga sering menghasilkan lendir atau ingus yang sulit dikeluarkan. Gejala ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari flu, alergi, hingga sinusitis.

Hidung tersumbat merupakan kondisi yang umum terjadi dan bisa dialami siapa saja. Ada beragam cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Wajib Dicoba! 5 Makanan Diet Sehat Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Cara ini diketahui cukup efektif dan dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah. Dilansir dari Web MD, inilah beberapa cara efektif mengatasi hidung tersumbat, antara lain: 

Mengompres wajah atau mandi dengan air hangat 

Cara efektif mengatasi hidung tersumbat yang pertama adalah mengompres wajah atau mandi dengan air hangat. 

Mengompres wajah dan mandi dengan air hangat juga mampu mengurangi gejala hidung tersumbat sekaligus meringankan nyeri di wajah.

Hal ini karena uap dari air panas bisa membuka rongga hidung dan mengencerkan lendir di dalam hidung yang sulit dikeluarkan.

Minum air putih yang cukup

Cara efektif mengatasi hidung tersumbat yang kedua adalah tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. 

Sangat penting untuk tetap menjaga asupan cairan supaya tubuh tidak kehilangan cairan tubuh yang membuat kondisi tubuh menjadi semakin memburuk. 

Minum air jahe hangat

Cara efektif mengatasi hidung tersumbat yang ketiga adalah minum air jahe hangat. 

Air jahe hangat tidak hanya membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, melainkan juga membuat Anda lebih fit dan sehat.

Baca Juga: Waspadai 5 Penyakit Ini Jika Mengalami Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Menggunakan alat pelembap udara

Cara efektif mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah menggunakan alat pelembap udara. Udara yang kering bisa membuat iritasi di hidung semakin parah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier untuk melembapkan udara di ruangan.

Mengonsumsi obat-obatan 

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda hidung tersumbat, seperti obat flu atau obat pilek akibat alergi.

Obat-obatan ini umumnya mengandung dekongestan atau antihistamin dan bisa dengan mudah ditemukan di toko atau apotek terdekat.

Itulah cara efektif mengatasi hidung tersumbat. Jangan lupa selalu konsumsi makanan sehat untuk menjaga imunitas dan rutin berolahraga agar tidak mudah terserang virus atau penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News