HOME, Keluarga

Hewan Peliharaan Dapat Membantu Anda untuk Self-Healing

Hewan Peliharaan Dapat Membantu Anda untuk Self-Healing

MOMSMONEY.ID - Keberadaan hewan peliharaan bukanlah hal yang merepotkan bila Anda mengetahui manfaat dibaliknya. Ini bukan hanya tentang Anda yang harus meluangkan waktu untuk mengurusnya, tetapi manfaat sebenarnya memelihara hewan adalah penyembuhan diri yang menyenangkan. 

Sebagian pemilih hewan peliharaan, bermain dengan hewan seperti anjing atau kucing merupakan hal yang menyenangkan. Selain menghapus rasa bosan, bermain dengan hewan juga menjadikan diri menjadi lebih aktif bergerak yang dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: Penyebab Anjing Peliharaan Menjadi Lesu

Dilansir dari medicalnewstoday.com,  hewan dapat memberikan kenyamanan, memperingatkan orang lain jika seseorang dalam bahaya, atau bahkan melakukan tindakan langsung untuk membantu kondisi seseorang ketika mereka membutuhkan. Hal ini adalah jenis terapi komplementer atau alternatif.

Saat seseorang berinteraksi dengan hewan peliharaan, akan memunculkan ikatan manusia-hewan yang dapat menghasilkan keadaan yang menenangkan dalam diri orang tersebut. Beberapa di antaranya dapat mengurangi kebosanan, meningkatkan aktivitas, mengurangi kesepian, meningkatkan suasana hati, dan emosional yang lebih seimbang secara keseluruhan.

Baca Juga: Bahaya! Jangan Berikan Obat Manusia untuk Kucing Peliharaan

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa memelihara hewan secara umum dapat bermanfaat untuk kesehatan psikologis dan kesehatan fisik. Dalam psikologis, memelihara hewan dapat mengatasi demensia, depresi, kegelisahan, gangguan spektrum autisme, gangguan perhatian defisit hiperaktif (ADHD), hingga skizofrenia. Sementara itu, dalam kesehatan fisik, memelihara hewan dapat meringankan kondisi fisik seperti epilepsi, gagal jantung, meredakan nyeri, pemulihan pascaoperasi, serta pemulihan kondisi yang menyebabkan seseorang kehilangan keterampilan motorik.

Kendati demikian, self-healing melalui hewan peliharaan belum tentu dapat digunakan oleh semua orang. Beberapa orang yang memiliki riwayat alergi terhadap bulu dari bulu anjing atau kucing lebih banyak menyebabkan kerugian daripada kebaikan. Termasuk orang-orang yang memiliki rasa takut terhadap hewan, karena dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih stres. 

Selanjutnya: Bagaimana Cara Merawat Anak Kucing yang Benar? Ini Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News