HOME, Keluarga

Hati-Hati! Reptil dapat Menularkan Penyakit ke Manusia

Hati-Hati! Reptil dapat Menularkan Penyakit ke Manusia

MOMSMONEY.ID - Indonesia merupakan negara ketiga tertinggi di dunia yang memiliki kekayaan jenis reptil. Ada 600 jenis reptil terdapat di Indonesia. Mulai kura-kura, iguana, buaya, ular, dan lain-lain. Tak jarang reptil di Indonesia dijadikan sebagai hewan peliharaan, bahkan tak jarang juga ditemui sebagai kuliner ekstrem.

Namun, ada bahaya yang terselip di antara uniknya dan lezatnya daging reptil, yakni risiko penularan penyakit dan parasit ke manusia. Bagi reptil yang tak ditangani dengan serius, dapat membawa berbagai kuman yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Terutama anak kecil, wanita hamil, orang tua, dan orang dengan penyakit serius.

Baca Juga: 5 Hewan Reptil yang Aman Dipelihara di Rumah

Dilansir dari HPSC.ie, semua jenis reptil membawa berbagai kuman termasuk bakteri, virus, parasit, dan cacing. Salah satu di antaranya adalah infeksi bakteri salmonella. Infeksi ini dapat menular dari kotoran reptil yang mengontaminasi sesuatu kemudian terjamah oleh manusia. Infeksi salmonella dapat menyebabkan diare, sakit kepala, demam, kram perut, hingga septikemia (keracunan darah).  

Selain salmonella, dapat juga terjangkit botulisme, yakni penyakit serius yang dapat mengancam jiwa. Ini disebabkan oleh racun yang dikeluarkan oleh bakteri clostridium yang menyebabkan kematian dan kelumpuhan. Gejala yang ditimbulkan antara lain, nyeri perut, muntah, mengeluarkan air liur, pusing, kelumpuhan, sesak napas, dan kesulitan menelan.

Baca Juga: Axolotl, Hewan Amfibi Lucu Asal Meksiko yang Selalu Tersenyum

Clostridium umumnya mencemari reptil air seperti penyu. Bakteri ini sangat rentan dengan anak di bawah usia lima tahun, utamanya yang masih bayi. Jika Anda memiliki penyu peliharaan dan akan datang ke rumah seseorang yang memiliki anak-anak kecil, sebaiknya Anda telah membersihkan diri dan mencuci tangan setelah kontak dengan hewan peliharaan Anda.

Infeksi lain yang dapat ditularkan oleh reptil adalah penyakit campylobacteriosis (infeksi usus), leptospirosis (penyakit hati), dan trichinellosis (penyakit otot, sistem saraf, jantung, dan paru-paru). Sebagian besar infeksi ini dapat diobati, tetapi juga bisa menjadi sangat serius.

Anda tak perlu panik dan cemas dengan risiko penyakit ini. Asalkan Anda serius merawat reptil peliharaan dan lebih berhati-hati dalam mengonsumsi reptil, risiko penularan dapat diminimalisir. Kebersihan kandang dan hewan harus diperhatikan, begitu pula kebiasaan cuci tangan sebelum dan setelah kontak dengan hewan reptil.

Selanjutnya: Cara Merawat Reptil yang Mudah dan Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News