Keluarga

Hati-Hati! Muncul Penipuan Link SatuSehat Mobile di WA

Hati-Hati! Muncul Penipuan Link SatuSehat Mobile di WA

MOMSMONEY.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru-baru ini menerima laporan penipuan lewat nomor WhatsApp berisi link update SatuSehat Mobile. Nomor WA tersebut mengatasnamakan Kemenkes.

Alih-alih memperbarui aplikasi SatuSehat, link tersebut justru mencuri password atau data yang tersimpan di ponsel pengguna. WhatsApp penipuan itu bernomor +6285961004844.

Kemenkes mengimbau masyarakat hati-hati bila menerima pesan dari nomor tersebut. Bahkan, boleh jadi pengirim pesan penipuan itu menggunakan banyak nomor.

Sebagai pencegahan, kepada seluruh masyarakat Indonesia, jangan sampai membuka link mengaku SatuSehat dari nomor yang tidak dikenal dan tidak terverifikasi centang hijau. 

"Sebab, secara prosedural Kementerian Kesehatan tidak pernah mengirimkan link update SatuSehat secara personal melalui WhatsApp," tulis Kemenkes di laman resminya, dikutip Rabu (15/3).

Baca Juga: Butuh Sertifikat Vaksin Covid-19? Begini Cara Download di SatuSehat

Update SatuSehat Mobile diproses secara otomatis atau manual melalui Play Store atau App Store. Sementara untuk nomor WhatsApp Kemenkes adalah 0811 10 500 567 dengan centang hijau.

Aplikasi SatuSehat sempat mengalami eror sebelumnya. Hal itu terjadi karena gangguan login bagi sebagian pengguna yang tidak mendapatkan one time password (OTP). 

Masalah itu terjadi karena ada peningkatan akses atau traffic aplikasi secara bersamaan. Saat ini, kendala terkait Aplikasi SatuSehat berangsur normal dengan dikeluarkannya versi terbaru (5.2.1).

Bila terjadi kendala lebih lanjut, pengguna bisa menyampaikan keluhannya melalui WhatsApp 0811 10 500 567 dan e-mail helpdesk@kemkes.go.id.

Atau, Direct Message di media sosial SatuSehat Mobile, di Twitter @SATUSEHAT dan Instagram @satusehat_id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News