Keluarga

Hati-hati! Jangan Cuci 8 Benda Ini dengan Mesin Cuci!

Hati-hati! Jangan Cuci 8 Benda Ini dengan Mesin Cuci!

MOMSMONEY.ID -  Yuk intip 8 benda yang sebaiknya tak Anda cuci dengan mesin cuci. Kira-kira, apa saja benda tersebut?

Mesin cuci adalah alat rumah tangga yang sangat membantu pekerjaan sehari-hari. Jika mesin cuci rusak, rutinitas Anda bisa berantakan. 

Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membetulkannya bahkan membeli mesin cuci yang baru. Selain itu Anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk mencuci seluruh pakaian kotor secara manual. 

Baca Juga: Resep Masakan Bali Ayam Betutu Ungkep Isi Komplit Sambal Matah Kacang Panjang Bejek

Supaya ini tak terjadi, Anda bisa merawat mesin cuci dengan berhati-hati saat menggunakannya. Melansir Bob Vila, ini 8 benda yang sebaiknya tak Anda cuci dengan mesin cuci. 

Pakaian dengan banyak perhiasan & glitter
Anda pasti sering menemukan pakaian yang dipenuhi glitter. Jika pakaian ini ada di lemari Anda, jangan mencucinya dengan mesin cuci.

Pakaian ini sangat mudah rusak karena biasanya terbuat dari kain tipis. Selain itu glitter akan cepat hilang dan membuat pakaian Anda tak lagi merasa mewah. Bahkan glitter akan mudah menempel di pakaian lain. 

Selimut yang halus
Mencuci selimut yang sangat halus di mesin cuci bisa membuat selimut kehilangan kelembutan. Sebaiknya cuci selimut jenis ini dengan metode dry-clean atau langsung mencuci di bagian tertentu yang kotor. 

Barang yang dipenuhi bulu hewan
Bulu hewan peliharaan kesayangan Anda sangat mudah menempel pada kain atau permukaan berserat lainnya. Sehingga sebelum mencucinya periksa kembali pakaian atau selimut Anda. 

Jika pakaian, selimut dan seprai dipenuhi bulu hewan jangan cuci menggunakan mesin cuci. Bulu ini bisa menyumbat pipa pada mesin cuci sehingga menyebabkan mesin cuci rusak. 

Bantal memory foam
Bantal memory foam atau memori busa memiliki struktur sel terbuka, yang berarti dapat menyerap kelembapan seperti spons. Saat dicuci dengan mesin cuci, air yang diserap oleh bantal akan membuatnya rusak. 

Barang yang sangat besar
Benda yang dimasukan ke mesin cuci harus bisa bergerak dengan bebas. Jika Anda memasukkan kain yang terlalu besar di mesin cuci, sabun dan air tidak bisa menjangkau seluruh bagian benda tersebut. Selain itu, mencuci benda yang terlalu besar dengan mesin cuci bisa merusak agitator dan tabungnya.

Semua pakaian dari serat alami
Pakaian yang terbuat dari wol dan kasmir cenderung menyusut saat dicuci dengan mesin cuci dan masuk ke mesin pengering. Sementara beludur, sutra, kulit dan suede bisa kehilangan kualitasnya hanya dalam satu kali cuci. Sehingga kain dari serat alami sebaiknya dicuci secara menual.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Kiwi untuk Wajah yang Harus Anda Tahu, Hilangkan Jerawat

Koin
Anda tentu pernah lupa memiliki uang koin tersimpan di saku celana Anda. Koin tersebut terus berada di saku hingga celana masuk ke msin cuci. 
Sebaiknya hindari memasukkan koin ke mesin cuci. Potongan logam kecil ini dapat merusak filter dan pipa pembuangan. Sehingga periksa kembali apakah ada koin atau tidak di kantong celana Anda sebelum mencucinya. 

Keset yang terbuat dari karet
Keset yang terbuat dari karet sebaiknya jangan dicuci dengan mesin cuci. Jenis keset ini bisa merusak mesin cuci Anda. Karet pada keset mungkin bisa melewati filter sehingga merusak pipa pembuangan. 

Demikian 8 benda yang sebaiknya jangan dicuci dengan mesin cuci. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News