HOME, Keluarga

Hati-Hati, Jangan Bersihkan Benda-Benda Ini dengan Pemutih!

Hati-Hati, Jangan Bersihkan Benda-Benda Ini dengan Pemutih!

MOMSMONEY.ID - Pemutih pakaian alias bleach merupakan salah satu produk rumah tangga yang cukup umum ditemui di rumah.

Tidak hanya untuk membersihkan noda dan memutihkan pakaian, pemutih juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan bagian rumah lainnya, lo.

Namun, tidak semua benda cocok dibersihkan dengan pemutih. Pasalnya, kandungan kimia yang cukup kuat di dalam pemutih justru dapat merusak dan mengurangi tampilan benda-benda tertentu, alih-alih membuat benda tersebut makin bersih.

Baca Juga: Plus dan Minus Plafon Rumah Berbahan PVC, Cari Tahu Yuk!

Nah, supaya Anda bisa menggunakan pemutih dengan benar, berikut beberapa benda di rumah yang tidak boleh dibersihkan dengan pemutih.

Stainless steel

Dikutip dari The Kitchn, benda-benda berbahan stainless steel (dan jenis besi lainnya) sebaiknya tidak dibersihkan dengan pemutih. Sebab, pemutih mengandung bahan yang dapat bereaksi dengan permukaan besi, sehingga dapat menyebabkan oksidasi dan korosi pada besi tersebut.

Jadi, hindari menggunakan pemutih pada benda berbahan stainless steel seperti panci, permukaan meja, hingga alat makan. Selalu gunakan produk pembersih yang memang didesain untuk membersihkan besi.

Kayu

Kayu merupakan bahan yang berpori, sehingga bisa menyerap cairan dan kelembapan yang ada di atasnya. Jika pemutih dituang ke atasnya, cairannya bisa meresap ke dalam kayu dan mengubah warna kayu. Sisa pemutih yang meresap pun akan sulit disingkirkan.

Oleh karena itu, hindari menggunakan pemutih pada benda-benda berbahan kayu seperti talenan, permukaan meja, furnitur, hingga lantai.

Baca Juga: Kerap Menggunakan Pemutih Pakaian? Perhatikan 4 Hal Ini

Granit atau marmer

Sama seperti kayu, batu seperti granit atau marmer juga merupakan bahan yang berpori sehingga Anda perlu menghindarkannya dari pemutih.

Dilansir dari Tom’s Guide, penggunaan pemutih pada meja atau lantai berbahan granit atau marmer bisa merusak dan meninggalkan noda di permukaannya. Bahkan, pemutih yang sudah dilarutkan dengan air masih akan merusak dan mengurangi tampilan granit atau marmer.

Baca Juga: Berisiko, Ini 4 Kesalahan Saat Menggunakan Pemutih Pakaian

Makanan

Pemutih pakaian memang memiliki sifat antiseptik, sehingga kerap digunakan sebagai bahan disinfektan. Namun, hal ini bukan berarti Anda bisa membersihkan atau mencuci makanan dengan pemutih.

Seperti produk rumah tangga lainnya yang mengandung berbagai jenis bahan kimia, pemutih yang tertelan bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Untuk membersihkan makanan seperti sayur dan buah, Anda cukup menggunakan air bersih yang mengalir.

Layar ponsel

Terakhir, hindari menggunakan pemutih untuk membersihkan layar ponsel atau layar-layar lainnya yang ada di rumah Anda, seperti layar komputer atau layar televisi.

Walaupun dapat mendisinfeksi permukaan layar, pemutih justru dapat merusak lapisan pelindung pada layar. Selain itu, cairan pemutih bisa saja masuk ke dalam ponsel dan merusak komponen-komponen di dalamnya.

Itulah beberapa benda yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan cairan pemutih. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News