HOME, Bugar

Hati-Hati! Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kesuburan

Hati-Hati! Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kesuburan

MOMSMONEY.ID - Tak sedikit orang yang menyadari bahwa ada sejumlah kebiasaan yang ternyata bisa menurunkan tingkat kesuburan.

Lebih dari 15% pasangan mengidap masalah kesuburan ini yang kemudian berujung pada susahnya mendapatkan momongan.

Penurunan tingkat kesuburan ini ternyata bisa terjadi karena adanya kebiasaan sehari-hari yang sebaiknya tak Anda lakukan.

Baca Juga: Selain Nikmat, Inilah Beberapa Manfaat Labu Siam yang Kaya Nutrisi

Dilansir dari Rodeo Drive Women’s Health Center, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan dan sebaiknya dihindari, antara lain: 

1. Terlalu banyak konsumsi alkohol

Kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan pertama adalah terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Sesuatu yang berlebihan memang tak baik bagi tubuh.

Begitu juga dengan minuman beralkohol, karena terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, maka kesuburan pria akan rusak dan bahkan dapat menurunkan kualitas sperma.

2. Paparan zat kimia

Kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan kedua adalah karena paparan zat kimia. Wanita yang sering terpapar zat-zat kimia industri, tingkat kesuburannya bisa turun sampai 29 persen.

Hal yang perlu diketahui, beberapa zat kimia yang bisa ditemui dalam produk pembersih rumah terkadang juga bisa memengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

3. Kelainan bawaan

Kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan ketiga karena adanya faktir kelainan bawaan. Masalah infertilitas wanita juga bisa disebabkan oleh kelainan bawaan, seperti septate uterus.

Kondisi ini bisa menyebabkan keguguran berulang atau tidak dapat hamil. Septate uterus merupakan kelainan pada rongga rahim, di mana uterus terbagi oleh dinding otot atau jaringan ikat.

Baca Juga: Beberapa Cara untuk Mengatasi Mandul pada Laki-Laki dan Perempuan

4. Perokok aktif maupun pasif

Kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan keempat adalah karena faktor resiko dari merokok baik aktif maupun pasif. 

Tembakau yang ada pada rokok mempunyai berbagai dampak negatif pada tubuh, seperti mengganggu pergerakan sperma.

5. Obesitas 

Kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan kelima adalah obesitas. Obesitas alias kelebihan berat badan ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ketidaksuburan.

Pasalnya, proses ovulasi bisa terhambat bila seorang wanita masuk ke dalam kategori obesitas. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi jika seorang wanita terlalu kurus.

Jika anda melaukan salah satu dari kebiasaan di atasm sebaiknya mulai dihentikan, terlebih jika Anda dan pasangan sedang mendambakan momongan.

Anda mungkin juga perlu melakukan pemeriksaan kesuburan dengan pasangan jika berencana melakukan program kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News