HOME, Keluarga

Hati-Hati, Hindari Kesalahan Ini Saat Mencuci Baju dengan Tangan

Hati-Hati, Hindari Kesalahan Ini Saat Mencuci Baju dengan Tangan

MOMSMONEY.ID - Jauh sebelum mencuci baju dengan mesin menjadi kebiasaan, mencuci baju dengan tangan sudah lumrah dilakukan oleh orang-orang. Bahkan, di era modern seperti sekarang, masih banyak orang yang mencuci baju dengan tangan.

Karena dilakukan langsung dengan tangan, proses pencucian cenderung lebih mudah untuk dikontrol. Namun, tak jarang orang melakukan beberapa kesalahan saat mencuci baju dengan tangan, sehingga membuat kualitas baju menurun setelah beberapa kali dicuci.

Nah, apa sajakah kesalahan yang dimaksud? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Baca Juga: Inspirasi Home Gym Minimalis yang Bikin Anda Semangat Olahraga

Menaruh pakaian di bak terlebih dahulu

Saat akan mencuci baju dengan tangan, mungkin Anda menaruh cucian di ember atau bak terlebih dahulu sebelum menuang air dan deterjen. Padahal, langkah ini sebenarnya tidak direkomendasikan.

Mengapa? Dilansir dari Good Housekeeping, berat air yang tumpah ke atas pakaian dapat menimbulkan tekanan yang mempengaruhi kualitas baju. Selain itu, deterjen juga akan sulit dibilas jika dituang langsung ke atas pakaian. Sebaiknya, tuang dan campur air dan deterjen terlebih dahulu, lalu tambahkan baju dengan cara menenggelamkannya pelan-pelan.

Menggosok baju secara berlebihan

Untuk mengurusi kotoran dan yang membandel, kita kerap menggosok baju keras-keras untuk menghilangkan noda tersebut. Bahkan, ada yang menggunakan sikat kasar untuk menggosok noda tersebut.

Dikutip dari Real Simple, menggosok baju secara kasar dan berlebihan dapat merusak kain baju itu sendiri. Jika ingin mengatasi noda membandel, usapkan deterjen pada noda dengan jari, lalu rendam beberapa saat dan gosok dengan lembut.

Baca Juga: Inspirasi Model Plafon Minimalis, Bikin Rumah Makin Keren

Menggunakan keran untuk membilas

Hampir sama dengan poin pertama, menggunakan keran untuk membilas pakaian dari sisa sabun dapat memberikan tekanan yang merenggangkan dan merusak kain.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda cukup menggunakan ember atau bak berisi air bersih untuk membilas pakaian. Siapkan satu ember atau bak air bersih, lalu pindahkan cucian yang akan dibilas ke dalam ember tersebut.

Memeras pakaian terlalu kuat

Untuk mengurangi kadar air pada pakaian, cara paling mudah memang memeras pakaian tersebut kuat-kuat. Namun, pakaian yang diperas terlalu kuat bisa merusak kainnya, apalagi jika kainnya tergolong halus dan tipis.

Supaya Anda bisa memeras pakaian dengan aman, angkat pakaian seperti biasa, lalu peras dengan lembut tanpa memilinnya kuat-kuat. Ulangi pemerasan beberapa kali hingga kadar air pada baju berkurang, atau gunakan handuk tebal untuk membantu mengurangi kadar air tersebut.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mencuci baju dengan tangan. Mulai sekarang, yuk hindari kesalahan-kesalahan tersebut supaya baju Anda tetap awet dan tahan lama!

Selanjutnya: Trendi dan Stylish, Berikut Ide Dekorasi Kamar Tidur Gaya Hipster

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News