HOME, AturUang

Hati-Hati dengan Paylater, Praktis Tapi Berisiko

Hati-Hati dengan Paylater, Praktis Tapi Berisiko

MOMSMONEY.ID - Pengajuan paylater terbilang praktis dan dengan syarat yang mudah. Namun, jangan asal mengajukan karena ada beberapa kelemahan yang juga harus diperhatikan.

Menurut Budi Raharjo, Perencana Keuangan Oneshildt, sesuai dengan namanya paylater memungkinkan Anda untuk membayar belakangan. Anda pun diberi pilihan dengan melunasi langsung dalam satu bulan atau bisa mencicilnya.

Menariknya lagi, jika ada promosi, Anda tidak dikenai bunga. Jika dibandingkan kartu kredit pun, metode paylater lebih praktis dan bisa digunakan di beragam kebutuhan mulai dari belanja di marketplace, transportasi bahkan traveling.

Baca Juga: Bijak Gunakan Paylater, Bisa untuk Modal Bisnis dan Kebutuhan Darurat

“Hanya saja kelemahannya, limit kredit di awal itu tidak besar,” kata Budi.

Info saja, kebanyakan paylater memang memberi limit rendah di awal untuk menguji tingkat kemampuan membayar penggunanya. Jika pengguna, selalu tepat waktu dalam membayar, limit pun akan otomatis meningkat. 

Selain itu karena sifatnya yang digital, pengajuannya cenderung mudah tetapi berisiko terhadap keamanan informasi pribadi penggunanya. Budi bilang ini juga harus menjadi perhatian konsumen sebelum memutuskan pakai fitur bayar belakangan.                    

Selanjutnya: Karakter Investasi Pria dan Wanita Ternyata Tidak Sama, Ini Perbedaannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News