HOME, Keluarga

Hati-Hati! Beri Anjing Peliharaan Aroma Minyak Esensial Ternyata Berbahaya

Hati-Hati! Beri Anjing Peliharaan Aroma Minyak Esensial Ternyata Berbahaya

MOMSMONEY.ID - Anda tentu sudah tidak asing dengan penggunaan minyak esensial sebagai bahan alami untuk pengobatan tradisional. Bahkan, saat ini banyak minyak esensial yang digunakan sebagai campuran dalam diffuser ruangan. Ini diklaim dapat mengobati masalah kesehatan tubuh dan meredakan kecemasan seseorang. 

Selain manusia, hewan seperti anjing pun dapat mengalami gangguan kecemasan dan stres. Tak heran, bila pemilik juga menambahkan minyak esensial ke dalam perawatan mereka, seperti memasang diffuser di ruang tidur mereka.

Namun, dilansir dari The Spruce Pets, penggunaan minyak esensial untuk mengobati penyakit pada hewan harus dilakukan dengan hati-hati. Pemilik harus menyadari bahwa belum ada banyak penelitian untuk menentukan apakah minyak ini benar-benar efektif dalam merawat anjing Anda.

Baca Juga: Ini Risiko Masalah Kesehatan pada Anjing Karena Nutrisi yang Buruk

Dalam beberapa kasus, minyak esensial lebih berbahaya daripada manfaat. Bila minyak esensial digunakan dengan tidak tepat atau tanpa arahan dokter hewan, ini dapat menyebabkan perubahan perilaku yang tidak diinginkan, masalah sistem saraf pusat, masalah pernapasan, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Minyak Esensial yang Beracun untuk Anjing

Beberapa minyak esensial tidak berbahaya, terutama dalam jumlah kecil. Namun, lainnya dapat menjadi racun untuk anjing. Untuk menghindarkan keracunan pada anjing, berikut minyak esensial yang beracun untuk anjing:

  • Melaleuca/Tea Tree Oil: Konsentrasi minyak esensial tea tree yang tinggi dapat menyebabkan toksisitas yang signifikan pada anjing. Baik diserap melalui kulit atau tertelan, minyak ini dapat menyebabkan iritasi di tempat kontak (kulit, selaput lendir), muntah, depresi, gaya berjalan mabuk (ataksia), kelumpuhan, dan suhu tubuh rendah.
  • Wintergreen: Minyak esensial ini mengandung metil salisilat yang merupakan bahan aktif aspirin. Ini dapat menyebabkan anjing mengalami keracunan aspirin. Efek umumnya termasuk iritasi GI dan bisul, tetapi anjing juga dapat mengembangkan gagal hati atau gagal ginjal.
  • Birch Manis: Minyak ini memiliki banyak sifat yang sama dengan wintergreen, termasuk fakta bahwa dia mengandung metil salisilat.
  • Minyak Pinus: Meski ini bermanfaat untuk manusia, tetapi ketika digunakan pada anjing, minyak pinus dapat menyebabkan iritasi kulit, selaput lendir, dan saluran pencernaan. Setelah diserap, ini dapat menyebabkan masalah sistem saraf pusat, hati, dan ginjal.
  • Kayu Manis: Segala bentuk kayu manis bisa menjadi racun bagi anjing, tetapi minyak esensial yang sangat pekat adalah yang paling berbahaya. Anjing dapat mengembangkan gula darah rendah, muntah, diare, penyakit hati, dan perubahan detak jantung.
  • Pennyroyal: Bila minyak ini diserap oleh kulit atau tertelan, pennyroyal dapat menyebabkan masalah hati pada anjing. Jika tak segera diobati, ini dapat menyebabkan kematian.

Tanda-Tanda Keracunan Minyak Esensial pada Anjing

Penggunaan yang tidak tepat, dapat menyebabkan keracunan pada hewan. Anda harus memahami tanda-tanda apa yang terlihat saat hewan keracunan minyak esensial. Dilansir dari Fetch Pet, ini beberapa tanda keracunan minyak esensial di antaranya:

Baca Juga: Ini Masalah Kesehatan yang Terjadi pada Hewan Peliharaan Karena Obesitas

  • Ngiler.
  • Sulit bernapas.
  • Kelelahan dan kelemahan.
  • Kesulitan berjalan atau tersandung.
  • Tremor otot.
  • Menggaruk di mulut atau wajah.
  • Kemerahan atau luka bakar pada kulit atau gusi (iritasi).
  • Muntah.
  • Hidung dan mata berair.

Peringatan Lainnya

Menghirup aroma diffuser umumnya tidak menjadi masalah. Namun, bila hewan peliharaan mengendus diffuser dan mendapatkan minyak di saluran napas, itu bisa menjadi bencana. Apa pun jenis minyak esensialnya, semuanya berbahaya bagi paru-paru dan saluran pernapasan bila terhirup langsung. Maka, jauhkanlah diffuser dan minyak dari jangkauan anjing Anda. Bersihkan tumpahan secara menyeluruh untuk menghindari tertelan secara tidak sengaja.

Menerapkan minyak esensial ke kulit atau bulu anjing bisa sangat berisiko. Minyak mungkin tidak sengaja bersentuhan dengan area sensitif seperti mata atau selaput lendir. Ini dapat mengiritasinya. Terutama bagi anjing yang memiliki kondisi kulit sensitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News