HOME, Bugar

Hati-Hati, Ada Ancaman Dapat Obat atau Suplemen Palsu di Toko Online

Hati-Hati, Ada Ancaman Dapat Obat atau Suplemen Palsu di Toko Online

MOMSMONEY.ID - Membeli obat atau suplemen di toko online memang harus ekstra hati-hati dan waspada. Pasalnya di tengah pandemi seperti saat ini, vitamin, suplemen, obat-obatan, dan alat kesehatan sangat diburu dan dicari banyak orang. 

Maraknya obat atau suplemen palsu yang beredar di toko online membuat kita harus lebih waspada saat membeli obat atau suplemen di toko online. di kondisi yang serba susah seperti ini banyak sekali pedagang yang ingin meraup untung sebesar-besarnya dan menghalalkan segala macam cara. 

Sebelum Anda membeli obat atau suplemen di toko online, ada baiknya Anda melihat tips berikut untuk menjaga dan lebih waspada dalam membeli obat atau suplemen di toko online. berikut penjelasannya.  

Baca Juga: Macam-Macam Penyakit Komorbid yang Wajib Anda Ketahui

1. Membeli obat di official store

Usahakan anda membeli obat atau suplemen langsung dari toko resminya. Atau bisa juga gunakan layanan telemedicine dan apotek online untuk membeli obat atau suplemen. Jangan mudah tergoda dengan tawaran harga murah yang diberikan oleh toko online yang bertebaran, terutama unttuk produk-produk obat atau suplemen yang sedang banyak dicari. 

2. Membaca review

Setidaknya hal ini bisa membantu melihat jejak digital yang dilakukan oleh toko online. Apakah ia menjual produk yang baik. Bisa dilihat dari komentar positif para pembeli dan rating yang diberikan. Dari review anda juga bisa melihat berapa banyak orang yang sudah membeli produk dari toko online tersebut.

3. Cek segera setelah sampai

Jika pesananmu sudah sampai, jangan lupa untuk mendokumentasikan saat membuka atau unboxing kiriman. Ini sangat membantu jika nanti ditemukan sesuai yang tidak beres atau produk mengalami kerusakan. Segera cek kelengkapan pemesanan, segel, dan label pada kemasan. 

Baca Juga: Obat yang Perlu Diminum dan Dihindari saat Isoman COVID-19

4. Tanya penjual

Bila ada yang janggal, segera hubungi penjul dan kirim bukti video atau foto tentang produk yang Anda terima. Minta refund bila Anda merasa menerima produk palsu. 

5. Laporkan ke market place

Laporkan toko online dan produknya kepada market place tempat Anda bertransaksi, bila memang terbukti barang yang Anda beli palsu, melaporkan hal ini harus Anda lakukan untuk membuat jera pedangan curang sehingga tidak ada korban lainnya. 

Anda harus lebih hati hati membeli obat atau suplemen dari toko online. Berikut tips yang bisa Anda lakukan data membeli obat atau suplemen di toko online.

Selanjutnya: Moms, Ini Panduan Melahirkan untuk Bumil Positif COVID-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News