HOME, Keluarga

Hasil Tanaman Mentimun Terasa Pahit? Ini Penyebabnya

Hasil Tanaman Mentimun Terasa Pahit? Ini Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Mentimun yang dikenal mudah tumbuh terkadang memiliki rasa yang pahit dan tidak enak. Namun, hal ini disebabkan oleh penanaman dan perawatan yang kurang pas, sehingga membuat hasil buahnya tidak memuaskan.

Meski Anda sudah berhati-hati, untuk mengetahui apakah hasil tanaman mentimun akan terasa enak sebelum dipanen tidak dapat dilakukan. Namun, Anda dapat mencegah dan mengatasinya. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui informasi-informasi berikut ini.

Baca Juga: Begini Tips Penyemaian Biji Sayuran untuk Mulai Menanam

Hal yang Membuat Hasil Tanaman Mentimun Terasa Pahit

Biasanya, kepahitan hasil tanaman mentium disebabkan oleh beberapa iklim dan kondisi tanah. Selain itu, dilansir dari The Spruce, mentimun yang dibudidayakan semuanya mengandung cucurbitacin B dan cucurbitacin C, yakni senyawa yang seharusnya membuat daunnya pahit dan kurang enak dimakan.

Senyawa ini biasanya terbatas pada daun dan batang tumbuhan yang memang tidak dimakan manusia, sehingga tidak banyak orang menyadarinya.

Namun, terkadang senyawa tersebut menjalar ke buah-buahan, sehingga yang termakan akan terasa pahit.

Akan tetapi, ini tidak semuanya menjadi pahit. Umumnya, kepahitan mentimun akan terkonsentrasi di ujung batang dan area tepat di bawah kulit.

Cara Mencegah Hasil Tanaman Mentimun Terasa Pahit

Kendati penyebab hasil tanaman mentimun terasa pahit jarang ditemukan, Anda tetap dapat mencegah masalah setelahnya. Berikut beberapa di antaranya:

Siram Tanaman Mentimun dengan Baik

Cuaca yang panas dan kering dapat menyebabkan mentimun pahit. Maka, jagalah agar mentimun Anda disiram dengan baik untuk mengimbangi kecenderungan hasilnya menjadi pahit. Pertimbangkan untuk menambahkan irigasi tetes untuk memastikan tanaman menerima kelembapan yang cukup dan konsisten.

Pastikan Tanah Ternutrisi

Faktor lain yang membuat mentimun pahit adalah tanah kekurangan nutrisi secara umum. Maka, tambahkan kompos saat menyiapkan lahan tanam. Jika tanah yang Anda miliki tidak cukup ideal, Anda dapat memberikan pupuk seimbang setiap 4-6 minggu sekali.

Pertimbangkan untuk menanam mentimun di bedeng atau gundukan yang ditinggikan, ini memungkinkan tanah menjadi hangat di awal musim dan membantu tanaman muda menghindari stres yang menyebabkan hasil buah pahit.

Baca Juga: Menambah Estetika, Ini 5 Keuntungan Punya Balkon di Rumah

Cukupi Kebutuhan Sinar Matahari

Mentimun yang pahit juga dapat disebabkan oleh kurangnya sinar matahari. Oleh karena itu, menanam di tempat yang mendapat sinar matahari akan mencegah kepahitan.

Di pekarangan atau kebun, hindari menanam mentimun di area yang akan dinaungi oleh tanaman yang lebih tinggi, kecuali bila Anda tinggal di iklim yang sangat hangat.

Hindari Persaingan Antar Tanaman

Tanaman mentimun tidak menyukai persaingan untuk mendapatkan air dan nutrisi, baik itu dengan tanaman sesama mentimun lain atau gulma. Oleh karena itu, meletakkan bibit pertama saat awal penanaman mentimun sangat penting.

Paling tidak tanaman mentimun diberi jarak 8-12 inci saat penanaman. Mentimun yang ditempatkan dengan baik akan menghindari kepahitan buahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News