Santai

Hasil Survei, Video Streaming akan Tetap Populer Saat Ramadan 2023

Hasil Survei, Video Streaming akan Tetap Populer Saat Ramadan 2023

MOMSMONEY.ID - The Trade Desk bersama YouGov melakukan survei tentang perilaku konsumen Indonesia selama bulan Ramadan. Dari hasil survei tersebut, salah satu hasil yang didapatkan bahwa selama Ramadan tahun ini video streaming akan tetap populer.

"Survei ini menunjukkan 36% masyarakat Indonesia akan mengakses streaming video online selama Ramadan," ujar Senior Manager Inventory Partnerships at The Trade Desk Kautsar Ikrami dalam Ramadan Success with The Trade Desk, Rabu (11/1).

Dia menyebut, konten yang mereka konsumsi berbeda-beda di waktu yang berbeda. Misalnya, di pagi hari atau saat sahur, 55% mengkonsumsi konten religi. Sementara, 49% mengkonsumsi konten komedi, dan di malam hari atau sesudah buka puasa, 52% mengkonsumsi film.

Tak hanya itu, kebiasaan streaming produk digital ini pun bergeser. Masyarakat Indonesia mulai beralih ke layanan over-the-top (OTT) dalam saat-saat penting, yang mana mereka mengakses saluran streaming atau lewat aplikasi.

Saat pagi hari jam sahur atau pukul 02.00-06.00 ada sebanyak 29%, dalam perjalanan atau pukul 14.00-19.00 sebesar 31% dan setelah berpuasa atau pukul 19.00-00.00 sebesar 28%.

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 7 Kebiasaan untuk Memudahkan Persalinan

Sementara itu, Tengku M Rizaldi, Head of Solutions Specialist, Emtek Digital meyakini bahwa meyakini bahwa dalam Ramadan tahun ini layanan OTT, Vidio, akan bisa meningkatkan jumlah pengguna. Menurutnya, saat Ramadan terdapat penambahan penonton baru, khususnya saat sahur dan berbuka puasa. Dia juga menyebut, di tahun 2022, Vidio mencatat pertumbuhan yang baik, pasalnya terdapat dua program olahraga yang dapat diakses melalui Vidio.

Adapun, untuk meningkatkan pengguna, Tengku menyebut Vidio konsisten untuk menghasilkan original series. "Untuk Ramadan tahun ini ini kita sudah menyiapkan dua judul. Ada 'Di Bulan Suci Ini' dan 'Sajadah Panjang 2'," kata Tengku.

Dia menyebut untuk judul  Sajadah Panjang, awalnya ini seri ini tak tayang di Vidio untuk pertama kali, tetapi ini menjadi bukti bahwa Vidio berani mengakuisisi konten yang sudah besar dan akan lebih besar di tahun ini.

Tak hanya memproduksi original series, Vidio pun akan menghadirkan berbagai konten saat Ramadan seperti acara memasak, program olahraga hingga konser musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News