Keluarga

Haruskah Minum Air Putih Sebelum Minum Kopi? Simak Sederet Alasannya

Haruskah Minum Air Putih Sebelum Minum Kopi? Simak Sederet Alasannya

MOMSMONEY.ID - Hobi minum kopi di pagi hari? Coba perhatikan beberapa hal berikut ini, terutama dari segi kesehatan.

Minum kopi di pagi hari jadi salah satu rutinitas wajib di pagi hari bagi sebagian orang. Sayangnya, rutinitas ini tak selalu berjalan baik jika tak dibarengan dengan minum air putih sebelumnya.

Mengapa harus minum air putih sebelum minum kopi? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini, yang dilansir dari Times of India, selengkapnya.

Baca Juga: Aneka Tips Bikin Ayam Ungkep Jadi Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna

Cegah gigi berwarna kuning

Kopi mengandung tanin. Tanin merupakan bahan kimia yang bertanggung jawab terhadap terjadinya perubahan warna gigi menjadi kekuningan.

Minum air putih sebelum minum kopi setidaknya selama 15 menit sebelumnya, dapat menciptakan lapisan pelindung pada gigi. Ini dapat mengurangi kemungkinan gigi berubah warna jadi kekuningan akibat sering minum kopi.

Baca Juga: Penggemar Sambal, Ikuti 4 Tips Bikin Sambal yang Awet dan Tahan Lama

Cegah asam lambung naik

Alasan Harus Minum Air Putih Sebelum Minum Kopi

Pentingnya minum air putih sebelum minum kopi adalah untuk mencegah timbulnya asam lambung naik, terutama saat pagi hari.

Minum kopi dalam keadaan perut kosong membuat tingkat keasaman tubuh jadi meningkat. Jika perut tak diisi oleh makanan dan minuman netral terlebih dahulu, maka besar kemungkinan Anda akan terkena asam lambung.

Baca Juga: Tips Efektif Hilangkan Ulat Brokoli Agar Tidak Termakan Saat Dimasak

Menghidrasi tubuh

Tujuan minum air putih sebelum minum kopi adalah untuk menghidrasi tubuh. Bagi orang yang tidak minum air putih sebelum minum kopi, maka sebenarnya tubuh mereka mengalami dehidrasi.

Minum air putih 2 gelas pada pagi hari membantu membuang racun yang mengendap dalam tubuh dan mengencerkan kadar asam pada perut.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Bikin tubuh lelah akibat kerusakan kafein

Jika biasanya orang-orang mengonsumsi kopi dengan tujuan menghilangkan kantuk, maka Anda perlu tahu bahwa kopi pun dapat menyebabkan tubuh mudah lelah.

Kandungan senyawa kimia bernama theobromine yang terdapat di dalam kopi inilah yang menjadi penyebab tubuh jadi mudah lelah. Theobromine ada akibat kerusakan fungsi kafein dalam kopi.

Untuk mencegahnya, minum air putih sebelum minum kopi setidaknya selama 25 menit sebelumnya, dapat membuat kopi bekerja efektif untuk menghindari kantuk.

Jadi, bagi Anda yang hobi minum kopi di pagi hari, mulai sekarang mari kembangkan kebiasaan minum air putih sebelum minum kopi untuk menjaga kesehatan gigi dan lambungmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News