HOME, Bugar

Harus Tahu! Ketahui 4 Penyebab Munculnya Mata Panda dan Kantung Mata

Harus Tahu! Ketahui 4 Penyebab Munculnya Mata Panda dan Kantung Mata

MOMSMONEY.ID - Kesehatan mata dan area sekitar mata tentunya cukup penting dirawat. Masalahnya yang sering muncul terjadi adalah mata panda dan kantung mata. Munculnya masalah ini membuat tampilan Anda menjadi kusam, tidak segar dan pucat.

Mata panda dan kantung mata bisa muncul secara tiba-tiba, sehingga membuat Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Ada banyak penyebab munculnya mata panda, baik dari genetik hingga gaya hidup. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang penyebab umum mata panda dan kantung mata dilansir dari loreal-paris.co.id, yaitu: 

1. Durasi Tidur Kurang

Penyebab umum mata panda dan kantung mata yaitu durasi tidur kurang. Durasi tidur yang cukup memiliki dampak baik pada kesehatan tubuh, termasuk kulit. Ketika Anda mempunyai masalah dengan tidur, maka kulit wajah biasanya akan menjadi pucat dan kusam.

Hal ini membuat warna pembuluh darah terlihat lebih jelas, terutama di kulit area mata yang lebih tipis. Kurang tidur juga dapat membuat cairan berkumpul di bawah mata, membuatnya terlihat bengkak. Kondisi ini yang menyebabkan terbentuknya kantung mata.

2. Genetik

Penyebab munculnya mata panda dan kantung mata selanjutnya adalah genetik. Ternyata mata panda bisa diturunkan ke anggota keluarga Anda. Penyebab ini bisa mempengaruhi kondisi komunitas yang turun-temurun tinggal di satu wilayah.

Orang Asia Tenggara disebut rentan memiliki mata panda karena kulit di area mata yang cenderung tipis. Jika dipengaruhi faktor genetik, maka kulit area mata akan mulai menggelap saat kanak-kanak dan bertambah gelap saat usia dewasa.

Baca Juga: Ketahui 4 Makanan yang Dapat Merawat Kesehatan Rambut dan Kulit, Apa Saja?

3. Dehidrasi

Berikutnya, penyebab munculnya mata panda dan kantung mata adalah karena dehidrasi. Saat tubuh Anda kurang mendapat asupan cairan, maka kulit wajah akan langsung terlihat kusam dan area di sekitar mata menjadi cekung.

Kondisi ini yang membuat area mata terlihat lebih gelap. Oleh karena itu, penuhi cairan tubuh dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung air serta minum air putih minimal 8 gelas sehari. 

4. Otot-otot Mata yang Tegang

Sering melihat layar komputer, ponsel maupun televisi bisa menjadi penyebab munculnya mata panda. Hal ini disebabkan oleh otot-otot di sekitar mata menjadi tegang. Hal ini dapat membuat pembuluh-pembuluh darah di area mata melebar, mengubahnya warnanya menjadi gelap. Inilah yang membuat kulit di area tersebut seakan-akan menggelap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News