HOME, Bugar

Harus Tahu! Inilah Cara Menggunakan Shaving Cream dengan Tepat Untuk Ketiak

Harus Tahu! Inilah Cara Menggunakan Shaving Cream dengan Tepat Untuk Ketiak

MOMSMONEY.ID - Memiliki kulit ketiak bersih bebas bulu bagi sebagian wanita bisa meningkatkan kepercayaan diri. Menghilangkan bulu ketiak bisa dilakukan dengan shaving cream. Walaupun memang bersifat sementara, tetapi cara ini cukup ampuh menghilangkan bulu ketiak.

Pemakaian shaving cream tentu ada tata caranya supaya tidak mengalami iritasi dan hasilnya maksimal. Melansir dari dove.com, berikut cara menggunakan shaving cream dengan tepat untuk ketiak, yaitu: 

1. Siapkan Mangkuk Khusus untuk Shaving Cream

Cara menggunakan shaving cream untuk ketiak pertama adalah siapkan mangkuk khusus untuk shaving cream. Namun jika tidak ada, Anda bisa menggunakan alternatif lain sebagai pengganti shaving cream. Misalnya, gel aloe vera, hand body lotion, atau moisturizing cream lain. Lalu, tuangkan krim secukupnya di mangkuk khusus agar mudah mengambilnya saat mencukur bulu ketiak.

2. Siapkan Pisau Cukur yang Tajam

Kemudian, siapkan pisau cukur yang tajam. Pilih pisau cukur personal untuk penggunaan khusus bulu ketiak Anda. Pastikan pisaunya dalam keadaan tajam agar hasil cukuran rapi dan meminimalkan potensi terluka atau iritasi.

3. Bersihkan Kulit Ketiak dan Beri Pelembap

Cara menggunakan shaving cream untuk ketiak selanjutnya yaitu bersihkan kulit ketiak dan beri pelembab. Gunakan air hangat untuk membuka pori-pori dan folikel rambut. Lalu bersihkan kulit dengan sabun. Setelah kulit ketiak bersih, segera keringkan dengan handuk khusus. Selanjutnya, oleskan moisturizer atau gel untuk melembapkan ketiak. Hal ini untuk mencegah iritasi dan luka pada kulit saat dicukur.

4. Oleskan Shaving Cream ke Ketiak

Jika memakai shaving cream, ambil sedikit krim di tangan lalu oleskan tipis-tipis secara merata di ketiak. Lapisi seluruh permukaan dan pastikan tidak ada yang terlewat.

Baca Juga: Ketahui 4 Faktor Penyebab Rambut Bercabang

5. Cukur Sesuai Arah Bulu Ketiak

Cara menggunakan shaving cream dengan tepat berikutnya yaitu cukur sesuai arah bulu ketiak. Setelah kulit terlapisi shaving cream, angkat lengan tinggi-tinggi ke atas agar kulit mengencang dan tidak ada lipatan. Lalu gerakkan pisau searah dengan pertumbuhan bulu ketiak hingga mata pisau terasa meluncur di atas kulit.

6. Hindari Mencukur Area yang Sama Berkali-Kali 

Disarankan untuk melakukan pencukuran satu kali di tempat yang sama. Hal ini bisa dilakukan jika pisau cukur yang dipakai masih tajam. Selain itu saat menekan pisau cukur lakukan dengan perlahan dan lembut supaya kulit ketiak tidak tergores atau terluka.

7. Bersihkan Pisau Cukur Setiap Kali Mengusap

Berikutnya, bersihkan pisau cukur setiap kali mengusap bulu ketiak. Setiap selesai 1-2 kali usapan, segera bilas pencukur dengan air mengalir untuk menghilangkan rambut/bulu yang menempel. Jika tidak dibersihkan, sisa-sisa cukuran akan menyumbat dan membuat pencukur tidak bekerja maksimal.

8. Bilas dengan Air Dingin Lalu Keringkan

Cara menggunakan shaving cream dengan tepat terakhir adalah bilas dengan air dingin lalu keringkan. Setelah mencukur Anda bisa menyiram ketiak dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Kemudia, keringkan dengan handuk khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News