HOME, Bugar

Harus Tahu! Inilah 4 Penyebab Rambut Bercabang

Harus Tahu! Inilah 4 Penyebab Rambut Bercabang

MOMSMONEY.ID - Punya masalah dengan rambut bercabang? Rambut bercabang menjadi tanda bahwa rambut sedang tidak sehat. Walaupun tidak memiliki efek buruk terhadap tubuh, tetapi rambut bercabang bisa menurunkan kepercayaan diri. 

Melansir dari cnfstore.com, rambut bercabang atau trichoptilosis adalah kondisi yang terjadi ketika ujung rambut membelah akibat paparan bahan kimia pada batang rambut.

Faktor penyebab munculnya rambut bercabang dari perawatan kimiawi pada rambut, cuaca ekstrem, dan sering terkena panas terik. Selain itu, masih ada lagi penyebab rambut bercabang yang perlu Anda tahu, yaitu: 

1. Ikatan rambut kencang

Penyebab rambut bercabang pertama adalah ikatan rambut terlalu kencang. Hal ini dikarenakan terjadi tekanan kuat dari ikat rambut yang membuat batang rambut tidak mampu bernapas. Bila terus dibiarkan, rambut akan lebih cepat rusak. 

2. Menyisir rambut keadaan basah

Penyebab rambur bercabang selanjutnya yaitu menyisir rambut dalam keadaan basah. Tindakan ini akan membuat batang rambut menjadi lebih mudah kusut dan patah.

Usahakan tunggu sampai rambut benar-benar kering baru disisir dengan sisir bergerigi jarang. Selain menyisir, Anda juga perlu meninggalkan kebiasaan meluruskan, men-curly, dan mengikat rambut yang masih basah karena dapat menyebabkan kerusakan fatal

Baca Juga: Hindari Beberapa Kesalahan Ini Saat Pakai Lotion agar Kulit Tetap Sehat dan Lembab

3. Pewarnaan rambut

Penyebab rambut bercabang berikutnya adalah pewarnaan rambut. Kandungan kimia pada pewarna rambut dapat menghilangkan melanin dari batang rambut, sehingga membuat rambut tidak sekuat sebelum diwarnai.

Jika tidak dirawat dengan baik setelah diwarnai, rambut akan lebih rentan terhadap kerusakan, termasuk ujung rambut menjadi bercabang. Anda perlu memberikan tambahan pelembab, serum, dan vitamin rambut sebagai pelindung dan mencegah ujung rambut bercabang. 

4. Produk perawatan rambut tidak cocok 

Terakhir, penyebab rambut bercabang adalah pemilihan produk perawatan rambut yang tidak cocok. Perlunya untuk memperhatikan dengan cermat berbagai kandungan di dalam produk-produk perawatan rambut tersebut.

Hati-hati dengan kandungan produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kebutuhan rambut Anda. Akibatnya, nutrisi alami rambut akan hilang, rambut kusut, kering, rapuh, dan rentan bercabang di ujungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News