HOME, Bugar

Harus Tahu! Inilah 4 Manfaat Tomat untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Harus Tahu! Inilah 4 Manfaat Tomat untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Tomat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Buah kecil ini mengandung antioksidan tinggi, vitamin A, B, C K dan vitamin lainnya yang bisa berdampak baik bagi kulit.

Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kusam dan jerawat, tomat bisa menjadi solusinya.

Anda bisa mengolah tomat menjadi jus, masker atau pun mengonsumsinya secara langsung. Melansir dari senka.id, berikut manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, yaitu: 

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan kulit yaitu dapat mencerahkan kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi dari dalam tomat.

Jika ingin memiliki kulit cerah secara alami, Anda disarankan untuk mengonsumsi tomat secara rutin agar kulit jadi lebih cerah dan bercahaya, sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam, dan bintik hitam. Anda bisa mengolah tomat menjadi jus atau cemilan untuk dikonsumsi setiap hari. 

2. Mengurangi Minyak Berlebih

Manfaat tomat untuk kulit selanjutnya adalah mengurangi minyak berlebih. Minyak berlebih dapat mengganggu penampilan, serta wajah menjadi lebih rentan berjerawat akibat penumpukan kotoran dan minyak di kulit. Masalah ini sering dialami oleh pemilik kulit berminyak dan kombinasi. 

Baca Juga: Kenali 4 Cara Mudah Merawat Rambut Rusak agar Sehat Kembali

Namun, minyak berlebih bisa dikurangi secara alami dengan bahan tomat. Caranya dengan menggosokkan tomat ke wajah. Tomat memiliki sifat asam alami dan bisa menyeimbangkan pH kulit sehingga penumpukan minyak, debu, dan kotoran dari kulit di wajah lebih terkontrol.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Selain mengurangi minyak berlebih, tomat juga bisa mengatasi masalah jerawat. Tomat kaya akan vitamin A, C, K dan bersifat asam, tomat diyakini mampu mengurangi dan membersihkan jerawat pada wajah, sehingga Anda bisa mendapatkan kulit bersih yang diinginkan. Gunakan masker tomat sebagai perawatan rutin kulit wajah. 

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat tomat untuk kecantikan kulit lainnya adalah mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan tomat mengandung antioksidan dan likopen yang berguna untuk mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

Bila kadar kolagen terlindungi, masalah kulit, seperti perubahan warna, garis halus, dan kerutan pun bisa teratasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News